Cegah Kolesterol Naik di Hari Kemenangan dengan Konsumsi Plant Stanol Ester

Rabu, 27 April 2022 - 11:23 WIB
loading...
Cegah Kolesterol Naik di Hari Kemenangan dengan Konsumsi Plant Stanol Ester
Sejumlah hidangan di Hari Lebaran bisa menyebabkan kolesterol naik jika khilaf dan kurang waspada menjaga asupan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Usai berpuasa sebulan penuh, masyarakat biasanya merayakan momentum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran dengan menyajikan berbagai hidangan lezat khas berbagai daerah.

Akan tetapi, sejumlah hidangan tersebut ternyata bisa menyebabkan kolesterol naik jika khilaf dan kurang waspada menjaga asupan.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol di Hari Kemenangan nanti. Mulai dari mengatur pola makan selama Lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.

Baca juga: 5 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan, Termasuk Maag

Dokter Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk, memaparkan bahwa salah satu cara mencegah lonjakan kolesterol di momen Lebaran dapat dibantu dengan mengonsumsi plant stanol ester secara rutin.

"Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol," tutur dr. Sheena saat wawancara virtual, belum lama ini.

"Pencegahan lonjakan kolesterol ini dapat dibantu dengan mengonsumsi plant stanol ester secara rutin," sambungnya.

Plant stanol ester sebenarnya merupakan bahan alami yang terdapat pada makanan sehari-hari. Sumber utamanya adalah sayur-sayuran, buah-buahan, minyak sayur, sereal, dan kacang-kacangan.



Plant stanol ester pada dasarnya bahan alami yang ada pada makanan sehari-hari. Sumber utamanya seperti minyak nabati, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)