Mengeluarkan Air Mata saat Menguap? Kenali 4 Penyebabnya

Rabu, 27 April 2022 - 13:59 WIB
loading...
Mengeluarkan Air Mata saat Menguap? Kenali 4 Penyebabnya
Air mata kerap keluar saat menguap. Sering dialami banyak orang, kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah sindrom mata kering. Foto/Marine Corps Air Ground
A A A
JAKARTA - Air mata kerap keluar saat menguap . Sering dialami banyak orang, kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah sindrom mata kering.

Tidak semua orang mengeluarkan air mata saat menguap. Hal ini bergantung pada kondisi masing-masing. Meski normal, namun para ahli tidak menyarankan untuk membiarkannya lantaran bisa membuat kondisi mata semakin parah.

Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mata berair saat menguap. Berikut penyebab air mata keluar saat menguap.


1. Pendinginan Suhu di Otak

Dalam studi yang dimuat International Journal of Applied & Basic Medical Research, peneliti menemukan berbagai kemungkinan penyebab menguap mengeluarkan air mata. Salah satunya yaitu akibat proses pendinginan suhu di otak.

Peneliti menilai, keluarnya air mata dalam kondisi tersebut berperan dalam menghilangkan panas di tengkorak.

2. Adanya Tekanan pada Wajah

Tekanan pada wajah juga dikaitkan dengan air mata yang keluar saat menguap. Otot-otot di area sekitar wajah akan mulai berkontraksi saat menguap, termasuk di sekitar mata.

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, kontraksi pada wajah yang terjadi saat menguap akan memberikan tekanan pada kelenjar penghasil air mata. “Akibatnya, air mata yang sedikit tersimpan di kelenjar air mata akan mengalir,” jelas dr. Devia.

Jika mata rentan berair sejak awal, maka kemungkinan besar akan mengeluarkan air mata saat menguap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2951 seconds (0.1#10.140)