Ingin Hentikan Kebiasaan Bergantung pada Orang Lain? Lakukan 5 Langkah Ini

Rabu, 27 April 2022 - 14:26 WIB
loading...
Ingin Hentikan Kebiasaan Bergantung pada Orang Lain? Lakukan 5 Langkah Ini
Orang yang terlalu bergantung dengan orang lain biasanya memang selalu merasa tidak percaya diri saat melakukan sesuatu. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Manusia sebagai makhluk sosial, dalam hidupnya tidak jarang membutuhkan bantuan dari orang lain. Akan tetapi, jika selalu meminta bantuan di seluruh aspek kehidupan, itu pertanda Anda ketergantungan dengan orang lain.

Menurut Ikhsan Bella Persada,M.Psi., Psikolog, orang yang terlalu bergantung dengan orang lain biasanya memang selalu merasa tidak percaya diri saat melakukan sesuatu.

Dia akan terus menunggu orang lain untuk memberikan arahan terkait semua hal dalam hidupnya.

Baca juga: Mengeluarkan Air Mata saat Menguap? Kenali 4 Penyebabnya

Orang yang terlalu bergantung dengan orang lain juga akan sulit mengambil keputusan, selalu merasa rendah diri, serta tidak mampu meningkatkan kualitas hidupnya.

Ketika tidak ada yang bisa membantu, dia akan merasa stres hingga mengembangkan masalah kesehatan mental .

Apabila Anda merasa terlalu bergantung dengan orang lain, ada beberapa cara hidup mandiri yang bisa mulai diterapkan dari sekarang. Ketahui selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

1. Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang mandiri. Untuk itu, ketahui hal-hal yang membuat Anda senang, kesal, kelemahan, kelebihan, serta hal apapun yang berkaitan dengan hidup Anda.

Apabila sulit menemukannya, Anda bisa minta pendapat orang lain terkait hal ini. Jika sudah memahami diri sendiri, kemampuan serta potensi diri akan lebih jelas terlihat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1719 seconds (11.97#12.26)