Awas! Kalap Makan Ini saat Lebaran Bisa Bikin Kolesterol Naik

Rabu, 27 April 2022 - 23:23 WIB
loading...
Awas! Kalap Makan Ini saat Lebaran Bisa Bikin Kolesterol Naik
Beberapa hidangan khas Lebaran bisa membuat kolesterol melonjak. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat muslim akan menyambut hari kemenangan di momen Idul Fitri atau Lebaran. Hal yang akrab dijumpai di waktu Idul Fitri adalah momen silaturahmi dan beragam hidangan khas Lebaran.

Sayang, beberapa hidangan khas Lebaran justru bisa membuat kolesterol melonjak. Apalagi jika dikonsumsinya secara khilaf dan kurang waspada dalam menjaga asupan.

Dokter Spesialis Gizi Klinis di RS Siloam Kebon Jeruk dr Sheena R Angelia, M.Gizi, SpGK mengungkap, ada sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari Lebaran yang dapat memicu lonjakan kolesterol. Apa saja sih?

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan, dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol,” kata dr Sheena seperti dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal, Rabu (27/4/2022).

Kondisi ini, sambung dia, bisa diperparah jika Anda menjalani pola makan dan gaya hidup tak sehat selama bulan Ramadhan.



“Apalagi jika selama berpuasa, kita juga cenderung berbuka dengan menu yang rendah nilai nutrisinya, tinggi gula dan lemak, diikuti dengan penurunan aktivitas fisik,” ujarnya.

Hal-hal tersebut, kata dr Sheena, dapat menyebabkan timbulnya dislipidemia. Dislipidemia sendiri diketahui ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol dan atau trigliserida atau penurunan kadar high-density lipoprotein (HDL).

“Inilah yang mendukung terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke,” ungkap dia.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah lonjakan kolesterol di hari Lebaran. Mulai dari mengatur pola makan selama Lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)