6 Rekomendasi Oleh-Oleh Legendaris Khas Pantura, Cocok Dibeli saat Mudik

Kamis, 28 April 2022 - 05:37 WIB
loading...
A A A


2. Sirup Tjampolay

Lewat ke Cirebon, tentu tak lengkap bila belum mencoba segarnya Sirup Tjampolay alias sirup cap buah campolay yang melegenda. Campolay sendiri disebut juga sawo Belanda yang memiliki rasa manis serta bertekstur lembut.

Minuman yang telah ada sejak 11 Juli 1936 ini diracik oleh keturunan Tionghoa, Tan Tjek Tjiu. Konon, rasanya yang manis dan legit tak hanya disukai oleh warga lokal, namun juga orang Belanda yang tinggal di Kota Udang tempo dulu.

Selain rasa buah campolay, saat ini Sirup Tjampolay memiliki 9 varian rasa lain seperti rasa asam jeruk, rasa rossen, nanas, pisang susu, melon, leci, mangga gedog, kopi moka, dan jeruk nipis.

Sirup kental nan manis ini bisa dijadikan buah tangan bagi sanak saudara di kampung halaman. Dilansir dari berbagai sumber, sebotol Sirup Tjampolay bisa dibeli dengan harga sekitar Rp30.000 di berbagai sentra oleh-oleh di Cirebon.

3. Buah Mangga Gedong Gincu

Buah mangga gedong gincu menjadi ikon tersendiri dari Indramayu. Buah mangga ini bentuknya bulat, lebih bulat dari mangga biasa, dan warnanya jingga kemerahan seperti diberi gincu.

Soal rasa, mangga gedong gincu memiliki rasa manis-asam jika sudah matang. Berbeda dengan varian mangga lain yang memiliki rasa dominan manis. Daging buahnya pun tebal dan kaya serat serta aromanya khas.

Buah mangga gedong gincu ini bisa menjadi oleh-oleh favorit yang pemudik dapatkan bila melintas di Indramayu. Menurut berbagai sumber, satu kilogram mangga gedong gincu ini harganya berkisar Rp30.000 per kg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)