5 Trik Mudik Lebaran Nyaman, Aman dan Tenang

Kamis, 28 April 2022 - 21:48 WIB
loading...
5 Trik Mudik Lebaran Nyaman, Aman dan Tenang
Semangat mudik menuju kampung halaman demi merayakan Lebaran ini tetap harus dibarengi dengan strategi khusus. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Jelang Lebaran 2022, para pemudik sudah mulai memadati jalan-jalan, terutama di daerah Jawa-Bali. Banyak dari mereka yang melakukan perjalanan dengan mengendarai mobil pribadi.

Sebagian lainnya juga menggunakan moda transportasi umum seperti kereta, bis, kapal laut, hingga pesawat udara untuk perjalanan mudiknya tahun ini.

Semangat mudik menuju kampung halaman demi merayakan Lebaran ini tetap harus dibarengi dengan strategi khusus. Agar perjalanan mudik yang notabene lama, jauh dan panjang bisa tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Begini Siasat agar Pengeluaran Tidak Membeludak saat Mudik Lebaran

Nah, bagi Anda yang hendak bersiap-siap mudik, mungkin bisa simak dan menerapkan beberapa tips dan trik dari Ayun Sri Damayanti Wasekjen DPP Partai Perindo, yang disampaikan dalam podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntukIndonesia "Begini Tips Mudik Kantong Senang, Pulang Kampung Tenang", Kamis (28/4/2022).

1. Pilih timing tepat

Jika memungkinkan, agar lebih kondusif dan tidak lelah di jalan. Pilih timing atau waktu keberangkatan yang tak populer. "Dulu aku biasanya kalau mudik naik kendaraan pribadi untuk menghindari kemacetan selalu pilih berangkat di hari kedua Lebaran. Pengalaman saya beberapa kali dengan acara ini, kami mudiknya aman, lancar enggak macet," jelas Ayun.

2. Pilih moda transportasi cepat

Apabila kampung halaman terlalu jauh, lintas pulau dan kondisinya tak memungkinkan. Ayun menyarankan untuk mudik dengan pesawat. "Naik pesawat dengan kendaraan pribadi, biaya kurang lebih sama. Tapi bedanya kalau naik pesawat kita bisa menghemat waktu. Biasanya kalau naik kendaraan pribadi, bisa mampir-mampir di setiap daerah," tambahnya.

3. Bawa bekal makanan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)