Mudik dengan Kendaraan Pribadi, Jangan Lupakan 3 Hal Ini

Kamis, 28 April 2022 - 22:17 WIB
loading...
Mudik dengan Kendaraan Pribadi, Jangan Lupakan 3 Hal Ini
Berbeda dengan naik kendaraan umum, secara teknis jika mudik dengan kendaraan pribadi, persiapan dari segi kesehatan sedikit lebih ekstra. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah pada Lebaran 2022 memberikan relaksasi dengan kembali memperbolehkan mobilitas mudik. Sebelumnya, masyarakat tidak bisa menikmati "ritual" mudik Lebaran selama 2 tahun lantaran kondisi pandemi Covid-19.

Namun, pada musim jelang Lebaran tahun ini, tercatat kurang lebih 40 persen pemudik akan menuju kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi .

Berbeda dengan naik kendaraan umum, secara teknis jika mudik dengan kendaraan pribadi, persiapan dari segi kesehatan sedikit lebih ekstra karena membawa atau mengendarai kendaraan sendiri.

Baca juga: 5 Trik Mudik Lebaran Nyaman, Aman dan Tenang

Sebagaimana disampaikan, Wasekjen DPP Partai Perindo, Ayun Sri Damayanti, yang sering mudik ke Sumatera Barat dengan mobil pribadi, mengingatkan, terdapat beberapa hal penting agar mudik dengan kondisi tetap prima dan sehat.

"Ini pertama yang terpenting, jangan lupa sebelum mudik pastikan kita sudah vaksin lengkap dua dosis atau malah lebih bagus sudah booster," ungkap Ayun dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntukIndonesia 'Tips Mudik Kantong Senang, Pulang Kampung Tenang', Kamis (28/4/2022).

"Dari pemerintah sudah dikasih relaksasi dan fasilitas, jadi kita sehat dan ikuti aturannya. Kitanya harus disiplin," imbuhnya.

Hal kedua yang wajib dipersiapkan selanjutnya adalah obat-obatan. Mengingat perjalanan yang ditempuh adalah perjalanan panjang dan dalam durasi lama.

"Persiapkan obat-obatan pribadi. Sebab yang tahu kondisi kita, tubuh kita sendiri adalah diri kita sendiri," kata dia.

Terakhir, dia mengimbau para pemudik sebisa mungkin menjaga asupan cairan tubuh terpenuhi. Sehingga tak mengalami dehidrasi saat di tengah jalan. Apalagi, perjalanan mudik adalah momen rawan stres.

Baca juga: Begini Siasat agar Pengeluaran Tidak Membeludak saat Mudik Lebaran

"Persiapkan diri untuk jangan sampai dehidrasi, pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi. Namanya orang mudik, pasti deh ada stresnya karena menempuh perjalanan lama," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4532 seconds (0.1#10.140)