Pentingnya Memasak di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19

Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:30 WIB
loading...
Pentingnya Memasak di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19
Selama pandemic Covid-19, idealnya orang mengurangi kebiasaan membeli makanan secara online atau dari luar rumah lantaran belum terjamin kebersihannya. (PurelyB)
A A A
Menerapkan pola hidup sehat selama masa pandemi Covid-19 itu penting. Selain menjaga jarak, menggunakan masker serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air selama 20 detik, menjaga asupan makanan juga penting untuk mencegah infeksi virus dan bakteri.

Spesialis gizi klinik RSPI Bintaro Jaya, dr. Diana F Suganda, M. Kes, Sp.GK mengatakan, selama pandemi idealnya mengurangi kebiasaan membeli makanan secara online atau di luar lantaran belum terjamin kebersihannya. Sebagai gantinya, masak makanan di rumah.

"Di rumah, masak makanan sendiri. Kurangi beli online karena enggak tau persiapanya, higienitasnya, pengirimannya. Jadi lebih baik beli bahan makanan dan disimpan, masak sendiri di rumah," kata dr. Diana.

"Makanan itu penting untuk imunitas. Apa yang kita makan, apa yang hadirkan utk tubuh akan pengaruh pada tbh. Terutama pada masa pandemi harus jaga pola makan dan cuci tangan. Gizi penting tapi enggak bisa berdiri sendiri," sambungnya.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengelola bahan makanan di rumah. Pertama adalah cuci bersih tangan dan bahan makanan yang akan diolah. Lebih lanjut dr. Diana mengingatkan untuk memisahkan penyimpanan serta bedakan pisau dan talenan bahan makanan mentah dengan bahan makanan matang.

"Masak dengan benar dan matang terutama bahan makanan protein hewani. Simpan makanan matang pada suhu yang tepat atau aman. Gunakan air dan bahan baku yang aman," kata dia.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)