5 Pos Wisata Disiagakan untuk Urai Kepadatan Wisatawan di Kota Batu

Rabu, 04 Mei 2022 - 10:42 WIB
loading...
5 Pos Wisata Disiagakan untuk Urai Kepadatan Wisatawan di Kota Batu
Sejumlah tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur, diprediksi bakal ramai dikunjungi wisatawan di H+2 Lebaran, Rabu (4/5/2022). / Foto: ilustrasi/MPI/Avirista Midaada
A A A
KOTA BATU - Sejumlah tempat wisata di Kota Batu , Jawa Timur, diprediksi bakal ramai dikunjungi wisatawan di H+2 Lebaran, Rabu (4/5/2022).

Guna mengurai kepadatan lalu lintas yang biasanya terjadi di masa libur Lebaran , pihak kepolisian pun membuat sejumlah skema rekayasa lalu lintas di area pintu masuk tempat wisata.

Kasatlantas Polres Batu AKP, Indah Citra Fitriani menuturkan, guna mengurangi kepadatan lalu lintas pos-pos wisata pun telah disiagakan di beberapa tempat wisata.

Baca juga: Isi Libur Lebaran dengan Original Series Vision+

Tercatat ada 5 tempat wisata yang didirikan pos wisata untuk memantau arus wisatawan yang tiba di Kota Batu.

"Pos wisata membuat lima pos wisata prioritas di tempat wisata yang pengunjungnya lebih padat daripada tempat yang wisata yang lain. Pertama, di Jatim Park 3, Baloga (Batu Love Garden), San Terra (Delaponte). Keempat di Museum Angkut, dan kelima di Selecta," jelas Indah saat dijumpai MNC Portal, Rabu (4/5/2022).

Indah menambahkan, pos-pos nanti akan berfungsi menginformasikan bila terjadi kepadatan antrean kendaraan yang memasuki tempat wisata. Bila hal itu terjadi maka kepolisian bakal mengalihkan arus lalu lintas ke tempat wisata lainnya.

"Kami akan mengambil tindakan jika antreannya sampai ke jalan raya atau jalan protokol. Akan kami berlakukan tutup sementara tempat wisata, arusnya kami alihkan ke wisata yang lain sehingga tidak menggangu jalur utama," ungkap mantan Kasatlantas Polres Situbondo ini.

Baca juga: Jadi Salah Satu Penyebab Berpulangnya Mieke Wijaya, Kenali Gejala Diabetes

"Termasuk kalau tempat wisatanya melebihi kapasitas 75 persen ke atas kita tutup aksesnya, sehingga yang di dalam tetap mematuhi protokol kesehatan. Saat ini kita masih level 2 Kota Batu," lanjutnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1871 seconds (11.210#12.26)