Banyak Destinasi Wisata di Kota Batu, Pengelola Jatim Park 3 Tak Yakin Bisa Penuhi Kapasitas

Rabu, 04 Mei 2022 - 11:29 WIB
loading...
Banyak Destinasi Wisata di Kota Batu, Pengelola Jatim Park 3 Tak Yakin Bisa Penuhi Kapasitas
Mengantisipasi kepadatan wisatawan, destinasi wisata Jatim Park 3 bakal menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto.Yuswantoro
A A A
KOTA BATU - Marketing and Public Relation Manager Jatim Park Group, Titik S Ariyanto memprediksi peningkatan signifikan wisatawan bakal terjadi mulai H+2 Lebaran atau hari ini, Rabu (4/5/2022).

"Prediksi puncak H+2 setelah lebaran mulai ramai kemungkinan tanggal 7 atau 8 (Mei 2022). Hari pertama ribet urusan keluarga, hari kedua masih unjung sana sini ke tempat keluarga. Besoknya momen mulai ramai," ucap Titik S. Ariyanto saat ditemui, Rabu, 4 Mei 2022.

Mengantisipasi kepadatan wisatawan, pihaknya bakal menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Apalagi selama masa libur lebaran Satgas Covid-19 Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata akan turut mengawasi.

Baca juga: 5 Pos Wisata Disiagakan untuk Urai Kepadatan Wisatawan di Kota Batu

"Prokes di masing-masing destinasi kita tetap laksanakan. Pengunjung wajib pakai masker, cuci tangan, pengecekan suhu, kemudian aplikasi peduli lindungi masih tetap kita laksanakan. Karena masing-masing destinasi diperkirakan pengunjungnya akan meningkat sangat tajam," jelas dia.

Secara kapasitas maksimal, Titik menilai jika hal itu cukup sulit diwujudkan. Dia mengambil contoh di Jawa Timur Park 3 yang maksimal bisa diisi 12.000 pengunjung, maka 75 persen kapasitasnya bisa diisi sekitar 7.000 pengunjung, dan hal itu bakal sulit tercapai.

"Di Jatim Park 3, total di atas 12 ribu untuk kapasitas seluruhnya. Dan setiap hari saya enggak yakin ke level itu, bisa jadi masih di bawah 7.000, antara 5.000-7.000 masih oke," terangnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, pihaknya menilai ada beragam tempat wisata di Kota Batu yang membuat masyarakat bisa memilih tanpa harus mengandalkan objek wisata Jatim Park Grup saja.

"Karena Batu punya destinasi wisata beragam, tidak hanya Jatim Park, tapi juga tempat lain. Sekarang ada destinasi wisata alam, belum lagi kuliner," ucapnya.

Baca juga: Isi Libur Lebaran dengan Original Series Vision+

"Saya kira wisatawan yang datang ke Kota Batu sudah banyak alternatifnya, sudah mulai terpecah ke beberapa tempat," sambung Titik.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3464 seconds (11.97#12.26)