WHO Tetapkan Hepatitis Misterius Sebagai KLB, Kemenkes: Bersamaan Covid-19 Harus Diwaspadai

Kamis, 05 Mei 2022 - 08:24 WIB
loading...
WHO Tetapkan Hepatitis Misterius Sebagai KLB, Kemenkes: Bersamaan Covid-19 Harus Diwaspadai
Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO) menyatakan hepatitis akut berat yang belum jelas penyebabnya ini sebagai disease outbreak news (DONs) alias kejadian luar biasa (KLB). Foto/Ilustrasi/People
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO) menyatakan hepatitis akut berat yang belum jelas penyebabnya ini sebagai disease outbreak news (DONs) alias kejadian luar biasa (KLB).

Berdasarkan temuan WHO sudah ada lebih dari 170 kasus hepatitis akut misterius yang dilaporkan dari 12 negara di dunia.

Mengutip laporan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa setidaknya 16 negara dan 10 negara bagian AS telah mengidentifikasi atau sedang menyelidiki laporan kasus hepatitis yang tidak biasa pada anak-anak yang sehat. Laporan itu menyebut sekitar 200 anak-anak terkena di seluruh dunia.

Kasus Hepatitis misterius ini, sudah masuk ke Indonesia, sebanyak tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, meninggal dunia. Ketiganya diduga terkena Hepatitis yang belum diketahui penyebabnya dalam rentang waktu berbeda, mulai dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

"Belum, seperti WHO sampaikan Hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid kepada MNC Portal, Rabu (4/5/2022).



Nadia menerangkan jika usia anak-anak yang telah meninggal berusia 2, 8 dan 11 tahun. Sehubungan di tengah pandemi Covid-19, Nadia menerangkan agar masyarakat tetap waspada dengan Hepatitis akut menyerang anak-anak.

"Iya usia 2, 8 dan 11 tahun," jelas Nadia.

"Hepatitisnya belum diketahui penyebabnya, dan bersamaan Covid-19 harus diwaspadai. Terutama karena menyerang anak-anak ini, jangan sampai angka kematian menjadi meningkat, apalagi pada kelompok lansia," sambungnya

Lantas seperti apa gejalanya?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)