Terus Bertambah, Sejumlah Negara Bagian di Amerika Serikat Laporkan Kasus Hepatitis Misterius

Kamis, 05 Mei 2022 - 20:53 WIB
loading...
Terus Bertambah, Sejumlah Negara Bagian di Amerika Serikat Laporkan Kasus Hepatitis Misterius
Kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak terus merebak dan makin serius. / Foto: ilustrasi/Yorkshire Evening Post
A A A
ATLANTA - Kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak terus merebak dan makin serius. Di Amerika Serikat, sejumlah negara bagian melaporkan kasus yang menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun tersebut.

Sebagaimana dilaporkan ABC7 Chicago, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan peringatan kesehatan nasional terkait hepatitis misterius parah pada pasien anak di Alabama.

Setelah peringatan tersebut, seperti dilansir Fox News, Kamis (5/5/2022), setidaknya 10 negara bagian lainnya melaporkan kasus serupa, yakni Minnesota, Delaware, Louisiana, North Carolina, Illinois, Tennessee, New York, Georgia, California, dan Wisconsin.

Baca juga: Hepatitis Misterius Renggut 3 Nyawa di Indonesia, Dokter Anak: Ada Dugaan Penambahan Kasus

Para pasien anak berusia di antara 1 bulan hingga 16 tahun didapati memiliki gejala khas hepatitis akut yakni penyakit kuning, sakit perut, dan diare.

Mulanya, pada kasus pertama di Alabama, CDC menyebutkan pasien anak tidak memiliki masalah medis yang signifikan dengan 5 dari 9 pasien tertular adenovirus tipe 41 yaitu virus yang selama ini dikenal sebagai virus penyebab flu.

Morbidity and Mortality Weekly Report, baru-baru ini, melaporkan bahwa pada akhirnya CDC memperoleh hasil biopsi hati 6 pasien yang menunjukkan berbagai tingkat hepatitis tidak menunjukkan adanya bukti adenovirus pada patologi.



Saat ini, para peneliti sedang menyelidiki kemungkinan hepatitis misterius ini dengan adenovirus. Meski dari 50 jenis adenovirus yang diketahui, tipe adenovirus 41 biasanya hanya menyebabkan gejala pernapasan atau gastrointestinal, bukan hepatitis parah seperti yang terjadi saat ini.

Maka dari itu, lewat penyelidikan ini juga dicari kemungkinan dari virus lain, racun lingkungan, dan obat-obatan yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis parah pada anak-anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)