Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Jahat setelah Lebaran?

Jum'at, 06 Mei 2022 - 13:18 WIB
loading...
Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Jahat setelah Lebaran?
Mengonsumsi buah dan sayur menjadi kunci utama bagi seseorang penderita kolesterol maupun gula darah taua diabetes. / Foto: ilustrasi/Verywell Fit
A A A
JAKARTA - Momen Idul Fitri rasanya kurang lengkap jika tidak ada makan bersama dengan keluarga besar. Dengan makan ramai-ramai, biasanya membuat seseorang jadi lebih bersemangat dalam menyantap hidangan.

Sayangnya, ketika bersemangat menyantap berbagai hidangan, kebanyakan orang lupa jika tidak terkontrol, maka risiko meningkatnya kolesterol jahat membayangi.

Lalu, bagaimana cara menurunkan kolesterol jahat setelah Lebaran? Berikut penjelasan dokter spesialis gizi, dr. Yohan Samudra.

Baca juga: Sonny Septian Berusaha Jadi Bestie King Faaz hingga Surga

Menurut dr. Yohan, mengonsumsi buah dan sayur menjadi kunci utama bagi seseorang penderita kolesterol maupun gula darah (diabetes melitus).

"Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran untuk mencegah kenaikan kolesterol dan gula darah," ujar dr. Yohan kepada MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, seseorang kala Lebaran, kerap mengonsumsi yang berbahan dasar tepung. Seperti kue kering dan camilan lain, di mana setiap rumah menyediakannya.

Kelebihan tepung dalam tubuh justru mampu meningkatkan kadar gula dan kolesterol. Pasalnya, tepung yang dihidangkan mayoritas digoreng.

Belum lagi hidangan populer di setiap lebaran, yakni opor ayam atau rendang, serta makanan lain yang bersantan dan berminyak.

"Berbahaya jika kadarnya naik-turun tidak stabil, sehingga saat Lebaran dan setelahnya tetap memperhatikan asupan makanan dengan menghindari makanan digoreng, bersantan, tepung-tepungan, ataupun yang mengandung tinggi lemak," jelas ahli gizi Primaya Hospital Tangerang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)