6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:30 WIB
loading...
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer
6 Tempat Wisata di Sukabumi terkenal dengan keindahannya, diantaranya Curug Cimarinjung. Foto/Instagram
A A A
SUKABUMI - Libur lebaran yang cukup panjang pada 2022 ini, membuat sebagian besar masyarakat memilih mudik sekaligus berwisata ke beberapa destinasi wisata unggulan, termasuk di Sukabumi Jawa Barat. Akibatnya menimbulkan kemacetan yang sangat parah, hingga berjam-jam.

Sementara itu, Sukabumi sendiri dikenal dengan wisata alamnya yang memukau. Anda bisa singgah di beberapa wisata menarik, dan memberikan kesan yang menyenangkan serta tak terlupakan. Maka tak heran saat liburan lebaran 2022 ini, banyak wisatawan yang berbondong-bondong menuju Sukabumi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 destinasi wisata menarik di Sukabumi yang bisa Anda kunjungi di liburan berikutnya.

1. Lembah Purba
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Lembah Purba ini bagian dari destinasi wisata yang cukup banyak diminati oleh wisatawan. Namun untuk menuju tempat ini, Anda harus menempuh jarak yang cukup menantang.



Dikutip dari akun Instagram @situgunungeuspensionbridge, untuk menuju Lembah Purba kurang lebih 1 jam dari pintu gerbang jembatan utama situgunung Suspension bridge, tapi sebelum berangkat pastikan Anda menggunakan safety belt untuk keamanan selama berwisata, dan diwajibkan ditemani dengan guidenya nih.

Setelah berjalan dan menyusuri sekian banyak jembatan, kemudian Anda akan melewati jembatan setapak yang dimana bisa memacu adrenalin kalian selama perjalanan.

Menariknya lagi, selama perjalanan kalian akan dikenalkan dengan tumbuhan-tumbuhan khas situgunung oleh guidenya. Kemudian setelah badan terasa lunglai dan letih lesu, maka akan terbayarkan karena langsung melihat indahnya curug kembar lembah purba.

Curug kembar atau Lembah Purba ini diapit oleh tebing tebing tinggi. Pemandangan di sekitarnya sangat memesona, udaranya sejuk, Anda tidak akan merasa membuang waktu ketika sampai ke tempat cantik ini. Tapi Anda harus hati-hati, karena jalannya sedikit licin.

Nah, lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika dari Jakarta hanya membutuhkan wak kurang lebih 3-4 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua.

2. Karang Numpang
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Adalah Karang Numpang yang merupakan salah satu bukit tinggi di Sukabumi, dan menawarkan pemandangan indah nan memesona. Tempat ini juga jadi salah satu destinasi wisata populer di Kota Sukabumi.

Di sini para pelancong akan melihat wilayah Sukabumi dari atas bukit. Pemandangannya benar-benar akan memanjakan mat. Biasanya wargi Sukabumi mengunjungi tempat ini saat akhir pekan, atau ketika liburan tiba.

Lokasinya berada di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung hanya cukup membayar tiket Rp 5000 saja.

3. Wisata Bukit Baros
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Selanjutnya adalah wisata Bukit Baros yang saat ini jadi destinasi menarik dan favorit bagi wisatawan. Terletak di tengah-tengah hutan pinus, rerumputan hijau, serta tak kalah menarik adalah payung-payung kecil warna warni menghiasi setiap langit-langit di hutan ini.

Selain payung warna warni, terdapat juga spot-spot menarik yang bisa para pengunjung bisa selfie atau berswafoto di sini.

Bukan hanya itu saja, di wisata Bukit Baros juga tersedia kafe-kafe, ruang ramah anak, dan fasilitas umum lainnya. Lokasinya berada di Kampung Cihuis, Sasagaran, Kebon Pedes, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

4. Situ Gunung Suspension Bridge
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Salah satu tempat wisata alam di Sukabumi paling populer saat ini adalah Situ Gunung Suspension Bridge. Jembatan gantung ini menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara, lokasinya di tengah-tengah hutan, tepatnya di area Situ Gunung. membentang sepanjang 243 meter, lebar 1,8 meter dan ketinggian 121 meter tentunya akan sedikit menguji adrenalin Anda.

Meski demikian, jembatan ini sudah teruji keamanan dan kenyamanannya. Para wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau hutan yang masih asri, udara sejuk, kicauan burung dan menariknya lagi sesekali akan menemui lutung atau kera sebagai penghuni asli hutan tersebut.

Bukan hanya jembatan saja, di area tersebut juga tidak jauh dari situ atau danau, Curug Sawer yang akan semakin memperlengkap perjalanan pelancong. Lokasinya berada di Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

5. Curug Cimarinjung
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Berlokasi di Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug atau air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, udaranya pun cukup sejuk.

Tingginya lebih dari 50 meter. Oleh masyarakat sekitar, curug ini lebih dikenal dengan Curug Goong. Pasalnya, menurut masyarakat pada hari-hari tertentu terdengar suara gong dari curug ini.

Sementara itu, dikutip dari akun TikTok @Mistersuu, dalam unggahan videonya itu memperlihatkan, suasana Curug Cimarinjung mirip dengan lokasi Jurassic Park.

Di sekitar air terjun terdapat bebatuan tinggi, serta dikelilingi oleh tebing. Serta airnya langsung mengalir ke area pesawahan di sekitarnya.

Batunya adalah batuan sedimen berjenis batu pasir tufan dan breksi. Di atasnya di aliran yang sama ada Curug Nyelempet dan Curug Dogdog. Ketiganya terbentuk karena proses tektonik.

Curug ini cukup mudah ditemukan, bahkan Anda bisa melihat keindahannya dari jalan raya. Kemudian, pemandangan hamparan sawah juga semakin mempercantik kawasan wisata alam ini.

6. Bukit Teletubbies
6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Terkenal Keindahannya, Nomor 4 Paling Populer

Dikutip dari akun Instagram @visitsukabumi, terlihat hamparan rerumputan hijau, serta kontur tanah yang meliuk-liuk, mirip dengan perbukitan. Lokasinya berada di Kampung Citarate, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Bukit Teletubbies ini letaknya persis berdekatan dengan pantai Ujung Genteng yang dikenal dengan pasirnya yang putih. Serta lautnya yang biru, indah dan memesona.

Anda bisa bertemu dengan warga sekitar yang sedang mengembala hewan ternaknya, seperti kambing, domba sapi atau kerbau. Hewan-hewan tersebut dibiarkan berkeliaran ketika waktunya makan, karena rumput di tempat ini sangatlah melimpah.

Ketika senja mulai tiba, Bukit Teletubbies jadi salah satu spot terbaik dan menarik untuk melihat sunset yang cantik.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)