4 Aktivitas Fisik Ini Berubah Selama Pandemi

Minggu, 21 Juni 2020 - 12:42 WIB
loading...
4 Aktivitas Fisik Ini Berubah Selama Pandemi
Bersepeda di dalam ruangan (indoor cycling) menjadi aktivitas fisik yang mendapatkan popularitas tertinggi di berbagai negara selama pandemi. Foto Ilustrasi/The Telegraph/Owen Harvey
A A A
JAKARTA - Garmin , brand pelopor navigasi GPS dan perangkat nirkabel, menganalisis pengaruh pandemi COVID-19 terhadap aktivitas fisik atau olahraga melalui perbandingan data April 2020 dengan April tahun lalu.

Melalui analisis ini, Garmin mengamati aktivitas fisik pengguna perangkatnya di seluruh dunia sebagai bagian dari komitmen mereka untuk mengedukasi serta memberikan informasi terkini mengenai perubahan pada jenis aktivitas fisik selama masa pandemi dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Mengutip siaran pers Garmin, berikut perubahan aktivitas fisik pengguna Garmin di seluruh dunia saat pandemi. ( )

1. Jumlah Langkah
Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan aktivitas fisik secara global dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini tercermin pada data pengguna Garmin yang menunjukkan penurunan langkah harian sebesar 12% di seluruh dunia pada April 2020 jika dibandingkan dengan April tahun lalu.

2. Jumlah Langkah pada Aktivitas Berbasis Olahraga
Walaupun penurunan pada jumlah langkah atau pergerakan secara general jelas terjadi, namun saat diamati lebih dalam, data pengguna yang hanya berfokus pada kegiatan olahraga yang tercatat (logged activities) di perangkat Garmin justru memperlihatkan hasil sebaliknya.

Data memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan jumlah langkah sebesar 24% di seluruh dunia. Peningkatan jumlah langkah tersebut terjadi karena kecenderungan masyarakat yang ingin mengatasi keterbatasan di masa pandemi dan mengganti langkah harian pada aktivitas normal mereka dengan mulai berolahraga.

Aktivitas yang tercatat pada perangkat Garmin meliputi kegiatan olahraga yang terukur seperti walking, lari, indoor cycling, dan berbagai aktivitas lain.

3. Aktivitas yang Kian Populer Saat Pandemi
Pandemi COVID-19 menimbulkan perubahan pada jenis aktivitas fisik yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, bersepeda di dalam ruangan (indoor cycling) menjadi aktivitas fisik yang mendapatkan popularitas tertinggi di berbagai negara selama pandemi berlangsung. Indonesia adalah salah satu negara di mana indoor cycling mengalami peningkatan terbesar pada April 2020.

4. Aktivitas yang Meredup Selama Pandemi
PSBB yang diterapkan di hampir seluruh negara berdampak pada beberapa jenis aktivitas fisik yang juga mengalami penurunan. Di antara aktivitas fisik lain, berenang menjadi kegiatan yang paling terpengaruh oleh pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)