5 Camilan Ini Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Rabu, 11 Mei 2022 - 23:23 WIB
loading...
5 Camilan Ini Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Anda dianjurkan mengonsumsi makanan atau camilan sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung serta menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyebab yang umum ditemukan adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan seafood.

Sementara serat dan lemak sehat dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, biji-bijian, serta ikan dapat membantu Anda tetap dalam kisaran kolesterol yang sehat. Secara khusus, asupan serat yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

Melansir laman Healthline, Rabu (11/5/2022), apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh dari makanan seperti daging dan produk susu tidak lebih dari 5–6 persen kalori harian Anda atau 11–13 gram untuk seseorang yang makan 2.000 kalori per hari.



Karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan atau camilan sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Antara lain sebagai berikut:

1. Tuna dan Nori

Tuna merupakan sumber asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh yang menunjukkan efek penurun kolesterol. Anda bisa membuat camilan dari ikan ini, ditambah dengan bahan lain seperti nori (rumput laut).

Anda dapat membuat salad tuna dan campuran bahan lain, yang menyehatkan jantung seperti minyak zaitun, bawang merah, atau seledri. Kemudian, gunakan lembaran nori atau daun selada untuk membuat bungkus sandwich tuna untuk camilan.

2. Alpukat dan Roti Gandum

Alpukat adalah sumber yang kaya lemak tak jenuh, yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Terlebih lagi, setiap separuh buah ini mengandung kurang lebih 5 gram serat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)