Simak, Ini Tips untuk Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa

Sabtu, 25 April 2020 - 10:23 WIB
loading...
Simak, Ini Tips untuk Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa
Saat puasa Ramadhan, banyak pertanyaan muncul, termasuk ibu hamil. Mereka khawatir puasa berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Salah satu tim medis klinik bayi tabung Morula (IVF) Margonda, dr. Huthia Andriyana mengatakan, pihaknya kerapkali mendapatkan pertanyaan para pasien mengenai berpuasa dan pengaruhnya pada perkembangan janin dalam kandungan.

Merujuk hasil studi 2018, menyatakan tidak ada perbedaan signifikan berat badan janin dari ibu yang berpuasa dan bumil yang tidak berpuasa. "Hasil penelitian itu menggunakan meta analisis dari 22 penelitian, dengan melibatkan lebih dari 30 ribu ibu hamil," kata dr. Huthia yang dihubungi melalui layanan singkat di Depok, Kamis (23/4/2020).

Dr. Huthia yang juga co-founder Klinik Bunda Sehat ini lantas membagikan 5 tips untuk ibu hamil yang ingin berpuasa. Pertama, makan sahur cukup, perbanyak asupan protein dan serat.

Kedua, cukupi kebutuhan cairan minimal 8 gelas per hari. Ketiga, evaluasi gerakan janin, minimal 10 kali gerakan dalam 12 jam. Keempat, lakukan kontrol rutin ke dokter kandungan sesuai anjuran. Dan kelima, minum suplemen/vitamin kehamilan. (Baca juga: Hati-hati dengan Makanan yang Dikonsumsi Saat Usia Bertambah ).

Adapun tips pembagian pola makan pada saat puasa, dr. Huthia memberikan resepnya sebagai berikut, saat bangun tidur minum 1 gelas. Saat sahur wajib makan besar, snack, minum 2 gelas. Kemudian saat berbuka puasa, minum 2 gelas (bisa berupa takjil), sholat maghrib, lalu makan besar.

Usia shalat Tarawih, sebaiknya bumil mengkonsumsi snack kecil, minum 2 gelas. Dan, sebelum tidur, pastikan makan besar/setengah porsi/snack, dan minum 1 gelas.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)