5 Pesan Moral Film KKN di Desa Penari, Hormati Adat Istiadat Setempat

Jum'at, 13 Mei 2022 - 15:13 WIB
loading...
5 Pesan Moral Film KKN di Desa Penari, Hormati Adat Istiadat Setempat
Film KKN di Desa Penari tak hanya menghibur juga memberikan pesan moral bagi para penonton. Film ini berhasil raup 4,6 juta penonton dalam 12 hari penayangan. Foto/Instagram Tissa Biani
A A A
JAKARTA - Film KKN di Desa Penari tak hanya menghibur tapi juga memberikan pesan moral bagi para penonton. Film ini berhasil raup 4,6 juta penonton dalam 12 hari penayangan dan menjadikannya film horor terlaris sepanjang masa.

KKN di Desa Penari diadaptasi dari cerita horor viral akun Twitter @SimpleM81378523 yang kemudian dikemas dalam sebuah novel. Film ini berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil penuh misteri.

Disutradarai oleh Awi Suryadi dan menggandeng Tissa Biani, Adinda Thomas, hingga Aghniny Haque, KKN di Desa Penari tayang perdana pada Sabtu, 30 April 2022. Berikut pesan moral dari film KKN di Desa Penari dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022).


1. Hormati Adat Istiadat Setempat

Diceritakan tokoh Ayu dan Bima melakukan tindakan asusila saat tengah KKN di desa tersebut. Mereka juga menanam pohon di tengah jalan yang membuat masyarakat sekitar merasa tidak nyaman. Hal itu justru menyebabkan hal buruk bagi kelompok itu.

Pesan moral yang bisa diambil adalah, saat datang ke suatu daerah, sebaiknya menghormati setiap adat istiadat yang dijunjung oleh daerah tersebut.

2. Lakukan Pendekatan dengan Warga Sekitar

Pesan moral selanjutnya adalah ketika datang ke suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya melakukan pendekatan dengan warga sekitar. Anda bisa mengobrol dan bertanya mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di tempat tersebut.

Hal ini dilakukan untuk melancarkan program yang dijalankan. Bila masyarakat setempat memberikan masukan, sebaiknya dengarkan dengan seksama dan patuhi.


3. Gunakan Logika dan Akal Sehat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2935 seconds (0.1#10.140)