Kemenkes Ungkap Perbedaan Pola Sebaran Covid-19 dengan Hepatitis Misterius

Minggu, 15 Mei 2022 - 13:47 WIB
loading...
Kemenkes Ungkap Perbedaan Pola Sebaran Covid-19 dengan Hepatitis Misterius
Penyakit hepatitis akut pada anak menjadi perhatian dunia saat ini. Sebab, penyebabnya belum diketahui. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penyakit hepatitis akut pada anak menjadi perhatian dunia saat ini. Sebab, penyebabnya belum diketahui. Meski demikian, banyak asumsi yang mengaitkan hepatitis misterius ini dengan Covid-19.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, penyakit hepatitis sudah ada sejak lama di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, penyebabnya diketahui karena virus hepatitis A,B,C,D, dan E, terkecuali hepatitis akut ini.

"Pertama, penyakit hepatitis sudah ada di seluruh negara. Kedua, selain tadi disebabkan oleh virus ABCDE ada yang lain, (hepatitis akut misterius) ditemukan penyebab lain yaitu virus Adenovirus," ujar dr. Nadia, dikutip dari tayangan video di akun Instagram dr. Fajri @drfajriaddai, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga: Mampukah Vaksin Hepatitis yang Ada saat Ini Lawan Hepatitis Misterius pada Anak? Ini Penjelasan Dokter

Kemudian, muncul Hepatitis akut misterius ini dan diuji ke laboratorium. Ditemukan adanya virus Adenovirus dan virus non-hepatitis ABCDE. Sehingga, kemunculan hepatitis akut dijadikan penyakit yang harus diwaspadai oleh WHO.

"Muncul hepatitis suatu gejala dengan hepatitis yang ditemukan, kemudian dalam pemeriksaan dalam laboratorium ditemukan jenis virus Adenovirus dan non-hepatitis ABCDE. Ini kita kategorikan oleh WHO, sebagai penyakit harus diwaspadai, makanya ada sistem kewaspadaan yang dibuat WHO," beber dr. Nadia



Lantas, bagaimana dengan Covid-19?

Nadia menjelaskan bahwa pola penyebaran virus Covid-19 diketahui dari China. Kemudian menyebar ke berbagai negara melalui perjalanan (luar negeri/domestik).

Baca Juga: Hepatitis Misterius, Waspada Jika Anak Alami Gejala Ini
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1457 seconds (10.101#12.26)