Ini Perlunya Melibatkan Arsitek dalam Merancang Bangunan Rumah

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:21 WIB
loading...
Ini Perlunya Melibatkan Arsitek dalam Merancang Bangunan Rumah
Selama ini banyak anggapan bahwa menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah tinggal akan memakan biaya yang cukup besar. / Foto: tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Selama ini banyak anggapan bahwa menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah tinggal akan memakan biaya yang cukup besar. Padahal, menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah akan lebih mengefisienkan anggaran.

"Pakai arsitek jauh lebih murah ketimbang hanya bangun sambil jalan. Karena penggunaan dana lebih ter-manage. Keinginan dari pemilik rumah juga bisa tercapai," jelas arsitek Gerrits Bonardo dalam Podcast Aksi Nyata bertema Tips Desain Bangunan Ideal ala Arsitek di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (18/5/2022).

Dalam podcast tersebut juga dibahas secara gamblang terkait tips membangun rumah dan bocoran menggunakan jasa arsitek.

Baca juga: Festival Film Internasional Balinale 2022 Bakal Sajikan 63 Film dari 26 Negara

Menurut Gerrits Bonardo, saat ini cukup banyak aplikasi yang mempermudah seseorang merancang rumah lewat handphone. Tetapi, pada dasarnya membangun rumah tidak sekadar membuat petak ruang, tetapi banyak hal yang mesti dihitung.

"Kalau kami arsitek, kami menghitung semua. Seperti jarak kamar tidur ke WC dan lainnya. Bagaimana pencahayaannya, layaknya tidaknya," jelas dia.

Dengan penghitungan secara cermat sejak awal, justru akan mengefisienkan bujet. Berbeda jika bangun tanpa perencanaan, jika ada kesalahan akan double bujet.

"Kami bisa prediksi biaya bangunan yang akan dikeluarkan. Jangan pikiran artistik mahal. Kita ada aturannya dan asosiasinya. Biaya arsitek tidak lebih dari 10 persen dari nilai konstruksi," bebernya.

Baca juga: Berbadan Dua, Dea OnlyFans Putus Komunikasi dengan Marshel Widianto

Dia juga memaparkan, syarat sebuah bangunan adalah tercapai tidaknya tujuan dari pemilik. Kemudian nyaman atau tidak ditinggali. Baru unsur lainnya seperti pencahayaan, antisipasi kebakaran, dan lainnya. Jika tujuan pemilik tercapai, maka desain sebuah rumah dianggap berhasil.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)