Lebih Efektif, Dokter Tri Putra Edukasi Kesehatan Gigi Masyarakat Melalui Konten Unik

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:17 WIB
loading...
Lebih Efektif, Dokter Tri Putra Edukasi Kesehatan Gigi Masyarakat Melalui Konten Unik
Dokter gigi perlu mengambil peran penting dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Menjaga kebersihan gigi dengan baik memberikan dampak positif terhadap kesehatan gigi . Membersihkan gigi secara teratur dapat mencegah sejumlah masalah gigi, seperti gigi berlubang hingga penyakit gusi.

Dalam hal ini, dokter gigi juga bisa mengambil peran penting dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

Masyarakat harus diajari tentang konsekuensi dari kebersihan gigi dan makanan yang dikonsumsi terhadap kesehatan gigi, serta pentingnya pemeriksaan gigi secara teratur untuk memastikan kesehatan gigi.

Baca juga: Kiki Farrel Akui Drop usai Berpulangnya Mendiang Mama Dahlia

Pada era digital seperti saat ini, para tenaga medis lebih mudah dalam menyebarkan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi. Terlebih kehadiran media sosial semakin mempermudah masyarakat untuk saling terhubung dan memperoleh informasi.

Hal tersebut sebagaimana dilakukan dokter gigi sekaligus influencer asal Indonesia, drg. Muhammad Try Utomo Insana Putra. Melalui akun media sosialnya, dia rutin membagikan berbagai video seputar masalah gigi seperti pembersihan karang gigi, pencabutan, dan penambalan gigi.

Menurut dokter yang akrab disapa drg. Tri itu, awal mula dirinya membuat video tindakan-tindakan medis terhadap gigi karena ingin membuat masyarakat lebih tahu mengenai berbagai proses perawatan gigi.

Selain itu, juga bisa dijadikan evaluasi pribadi terhadap hasil kerja dirinya sendiri. Pasalnya, dari berbagai video dan fotonya, dia bisa melihat lagi hasil pekerjaannya secara lebih detail.

Dia merasa senang lantaran banyak orang yang jadi teredukasi dengan video-video yang dia buat, sehingga lebih peduli dengan kebersihan giginya. Sebagian dari mereka jadi lebih sadar bahwa rutin membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali itu penting.

"Alhamdulillah bisa diapresiasi oleh masyarakat banyak, bahkan konten-konten saya juga banyak ditonton oleh orang luar negeri," ucap drg. Tri di Jakarta, baru-baru ini.

"Banyak orang yang suka menonton video-video saya, khususnya pembersihan karang gigi, karena mereka merasakan satisfying atau rasa puas ketika menontonnya," lanjut lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti itu.

Pemilik akun Instagram @doktergigi_ dan @drg.triputra itu juga menyebutkan jika follower-nya banyak yang jadi semakin rajin menyikat gigi karena takut kondisi giginya kotor dan rusak seperti di video-video yang diunggahnya.

Dokter yang memiliki klinik gigi di Jakarta, Bekasi dan Medan ini juga mengungkapkan alasa mengapa dirinya kerap mengungah video di malam hari. Menurutnya, hal itu dia lakukan untuk mengingatkan masyarakat agar jangan lupa menyikat gigi sebelum tidur.

"Justru orang-orang sering menunggu video unggahan saya sebagai tontonan pengantar tidur. Banyak juga orang tua yang komentar kalau video-video saya sering ditunjukkan ke anak-anaknya saat anak-anaknya lagi malas atau sulit disuruh menyikat gigi," bebernya.

Baca juga: 5 Negara Terpanas di Dunia, Berani Liburan ke Sini?

Menariknya, konten yang diunggah drg. Tri pernah diunggah ulang akun global @9gag, sehingga ditonton banyak orang dari seluruh dunia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)