Penyebab dan Gejala Bipolar seperti Dialami Medina Zein

Kamis, 19 Mei 2022 - 17:00 WIB
loading...
Penyebab dan Gejala Bipolar seperti Dialami Medina Zein
Bipolar atau yang juga dikenal sebagai manik depresi adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati secara ekstrem. Foto Ilustrasi/WebMD
A A A
JAKARTA - Bipolar belakangan kerap diperbincangkan publik usai selebgram Medina Zein dikabarkan masuk rumah sakit akibat penyakit mental tersebut. Istri Lukman Azhari itu bahkan sering berpikir untuk mengakhiri hidup karena gangguan jiwa yang diidapnya ini.

Namun, Medina justru dianggap sengaja berlindung di balik penyakit bipolar ini agar terbebas dari kasus hukum yang tengah menjeratnya. Terlepas dari isu tersebut, tak hanya Medina Zein yang mengaku terkena gangguan bipolar.

Artis cantik Marshanda pun pernah mengalami gangguan kesehatan serupa. Marshanda bahkan sampai menjalani pengobatan di luar negeri demi kesembuhan mentalnya.

Baca Juga: Adakah Penyakit Bipolar Akut Stadium Tinggi seperti Diidap Medina Zein? Ini Penjelasannya

Lantas, apa itu sebenarnya bipolar? Dan, apa penyebab serta gejalanya? Dihimpun dari WebMD, Kamis (19/5/2022), simak selengkapnya berikut ini.

Bipolar atau yang juga dikenal sebagai manik depresi adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati secara ekstrem. Penderita dapat merasa euforia (mania atau hipomania) dan sesaat kemudian menjadi depresi.

Biasanya ketika fase depresi datang, penderita akan merasakan kesedihan yang mendalam, kehilangan minat ekstrem terhadap aktivitas yang biasanya disukai, hingga kehilangan harapan hidup. Sebaliknya, ketika fase mania datang, penderita dapat merasakan kegembiraan yang meluap-luap (euforia), penuh tenaga, dan biasanya tak bisa dikontrol.

Perubahan suasana hati secara tiba-tiba ini dapat memengaruhi tidur, energi, aktivitas, perilaku, dan kemampuan berpikir pengidapnya. Gangguan bipolar adalah kondisi seumur hidup. Artinya, gangguan mental ini tidak benar-benar bisa disembuhkan. Meski begitu, gejalanya bisa dikelola dengan baik melalui terapi dan pengobatan.

Baca Juga: Kuasa Hukum Pastikan Medina Zein Idap Bipolar Serius, Sudah Tahap Akhir

Gejala Bipolar
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1583 seconds (10.101#12.26)