Rahasia Tampil Pede Bicara di Depan Umum Ala Syafiul Muktapa

Jum'at, 20 Mei 2022 - 09:56 WIB
loading...
Rahasia Tampil Pede Bicara di Depan Umum Ala Syafiul Muktapa
Content creator adalah salah satu pekerjaan paling diinginkan di dunia. Menjadi content creator memungkinkan membuat konten tentang sesuatu yang kamu sukai. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat ini, content creator adalah salah satu pekerjaan yang paling diinginkan di dunia. Kenapa tidak? Menjadi content creator memungkinkan kamu membuat konten tentang sesuatu yang kamu sukai, kapanpun kamu mau dan dimanapun kamu mau.

Namun, Ada banyak keahlian yang diperlukan untuk menjadi content creator yang hebat. Mulai dari menulis naskah, mengedit video, dan salah satu yang terpenting adalah public speaking.

Keterampilan berbicara di depan umum sangat penting karena skill ini akan memungkinkan content creator menyampaikan isi konten mereka dengan jelas kepada pemirsa.

Syafiul Muktapa, seorang content creator public speaking memberikan berbagai tips mengenai cara pede untuk berbicara di depan publik dan di depan kamera.

Menurut Syafiul, dalam metode public speaking ada 4 yang perlu pembicara tentukan ketika sedang berbicara.
Metode tersebut adalah exordium, protesis, argumenta, closing (penutup).



“Ketika teman-teman sedang berbicara coba awali dengan pembicaraan atau pengantar yang membuat audiens itu lebih bangkitkan semangat. Jadi kita bisa menyapa mereka, memuji mereka dan memperkenalkan diri mereka,” tutur Syafiul menjelaskan metode Exordium yang akan membuat kedekatan antara pembicara dan audiens untuk kedepannya.

Lalu protesis yang merupakan kata pengantar mengenai topik yang akan kita bawa dan akan didengar oleh audiens. Memberikan latar belakang akan membuat penonton lebih paham mengapa mereka harus mendengarkan presentasi kita. Metode ketiga adalah Argumenta.

“Isi, kita isi dengan teori atau topik penting kita. Disitu istilahnya kita memberikan audiens how, cara atau solusi untuk masalah dari topik kita," jelas Syafiul.

Yang terakhir adalah penutup, dimana pembicara memberikan kesimpulan yang lebih kuat agar penonton dapat lebih mengingat dari pesan-pesan yang mau dibawa.

Dengan menguasai keempat metode ini, pembicara akan dapat menyampaikan cerita atau topik mereka secara baik dan terstruktur.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)