Kecanduan Minuman Manis? 4 Hal Ini Harus Anda Lakukan

Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:18 WIB
loading...
Kecanduan Minuman Manis? 4 Hal Ini Harus Anda Lakukan
Aneka minuman sehat pengganti minuman manis. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang kerap memiliki cuaca panas. Karenanya, menyeruput minuman manis dengan tambahan es batu menjadi favorit banyak orang. Selain bisa melepas dahaga, rasanya pun menyegarkan.

Namun, minuman manis dapat menyebabkan kecanduan jika tidak dikontrol konsumsinya. Jika sudah kecanduan, maka penyakit seperti diabetes pun akan menghantui. Karenanya, Anda perlu membatasi konsumsi minuman manis. Berikut adalah 4 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kecanduan minuman manis.

Minum air putih

Setelah mengonsumsi minuman manis, Anda bisa melanjutkannya dengan minum air putih. Ini akan membantu menetralisir ginjal Anda. Penuhi konsumsi kebutuhan air harian Anda dengan air putih agar keinginan untuk minum minuman manis bisa berkurang.

Mengurangi konsumsinya secara perlahan

Bagi Anda yang terbiasa minum yang manis, cara mengurangi konsumsinya perlu dilakukan secara perlahan. Awali dengan mengurangi jumlah gula yang digunakan saat membuat minuman, misalnya dari 1 sendok makan menjadi 1 sendok teh. Juga, jika sebelumnya Anda mengonsumsi minuman manis setiap hari, cobalah kurangi menjadi dua hari sekali, dan seterusnya.

Mencermati informasi nilai gizi dan komposisi minuman

Batas konsumsi gula dalam sehari adalah 50 gram. Jika suatu minuman manis mengandung 27 gram gula, jumlah tersebut telah melebihi 50 persen kebutuhan gula harian. Cara apa pun yang Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan minum yang manis perlu dilakukan secara bertahap. Pasalnya, mengubah pola makan ataupun kebiasaan mengonsumsi minuman ini bukanlah hal yang mudah.



Beralih ke minuman yang lebih sehat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)