5 Fakta Kanker Usus Penyakit yang Diidap Eks Jubir Covid-19 Achmad Yurianto

Sabtu, 21 Mei 2022 - 22:27 WIB
loading...
5 Fakta Kanker Usus Penyakit yang Diidap Eks Jubir Covid-19 Achmad Yurianto
Mantan jubir Covid-19 Achmad Yurianto dikabarkan mengidap kanker usus sebelum meninggal dunia. Yurianto sempat dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Foto/Twitter Sekretariat Kabinet
A A A
JAKARTA - Mantan jubir Covid-19 Achmad Yurianto dikabarkan mengidap kanker usus sebelum meninggal dunia . Yurianto sempat dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta untuk menjalani perawatan kanker usus yang dideritanya.

Lalu pada tanggal 18 Mei 2022, pria yang sempat menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes itu melanjutkan pengobatan kanker usus di kampung halamannya di kota Malang, Jawa Timur.

Kanker usus yang juga dikenal sebagai kanker kolorektal, berkembang dari lapisan dalam usus dan biasanya didahului oleh pertumbuhan yang disebut polip. Kondisi ini dapat menjadi kanker invasif jika tidak terdeteksi.

Tergantung di mana kanker dimulai, kanker usus dapat disebut kanker usus besar atau rektal. Kanker usus adalah kanker paling umum ketiga pada pria dan wanita di Australia dan lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.


Sekitar 90 persen kanker usus adalah adenokarsinoma, yang dimulai di jaringan kelenjar yang melapisi usus. Jenis kanker lain yang kurang umum juga dapat memengaruhi usus, termasuk limfoma dan tumor neuroendokrin.

Kanker juga dapat dimulai di usus kecil tetapi ini adalah kanker yang jarang terjadi. Peluang untuk bertahan hidup dari kanker usus setidaknya selama lima tahun, adalah 70 persen. Berikut fakta kanker usus seperti yang diidap Achmad Yurianto dilansir dari Cancer.org, Sabtu (21/5/2022).

1. Gejala

Gejala kanker usus meliputi perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar, termasuk diare atau sembelit atau perubahan konsistensi tinja, pendarahan dubur atau darah di tinja, ketidaknyamanan perut yang terus-menerus.

Seperti halnya kram, gas atau nyeri, perasaan bahwa usus tidak kosong sepenuhnya. Pasien kanker usus juga kerap mengeluhkan kelemahan atau kelelahan serta penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.


2. Penyebab

Dokter tidak yakin apa yang menyebabkan sebagian besar kanker usus. Secara umum, kanker usus dimulai ketika sel-sel sehat di usus besar mengalami perubahan (mutasi) dalam DNA mereka. DNA sel berisi seperangkat instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Sel-sel sehat tumbuh dan membelah secara teratur untuk menjaga tubuh berfungsi normal. Tetapi ketika DNA sel rusak dan menjadi kanker, sel terus membelah bahkan ketika sel baru tidak diperlukan. Saat sel menumpuk, mereka membentuk tumor.

Seiring waktu, sel-sel kanker dapat tumbuh untuk menyerang dan menghancurkan jaringan normal di dekatnya. Dan sel kanker dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh untuk membentuk deposit di sana (metastasis).

3. Faktor Risiko

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko kanker usus. Di antaranya risiko genetik yang diturunkan dan riwayat keluarga, penyakit radang usus seperti penyakit crohn, konsumsi daging merah yang tinggi, terutama daging olahan.

Selain itu, polip, kelebihan berat badan atau obesitas, konsumsi alkohol tinggi, merokok hingga memiliki diagnosis kanker usus sebelumnya juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap kanker usus.


4. Diagnosis

Sejumlah tes digunakan untuk mendiagnosis kanker usus. Awalnya dokter akan memberikan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah mengalami pembengkakan perut. Dokter juga akan memberikan pemeriksaan colok dubur untuk memeriksa adanya benjolan atau pembengkakan di rektum atau anus.

Dokter kemudian akan menyarankan tes darah, tes darah okultisme feses imunokimia, kolonoskopi, sigmoidoskopi fleksibel, MRI, CT scan, pemindaian PET.

5. Pengobatan

Pengobatan utama untuk kanker usus dini adalah operasi. Pembedahan paling umum untuk kanker yang dimulai di usus besar adalah kolektomi. Jenis kolektomi yang dilakukan akan tergantung pada apakah semua atau sebagian usus besar perlu diangkat.

Selain operasi, kanker usus juga bisa diatasi dengan radioterapi atau terapi radiasi, pengobatan adjuvant, perawatan paliatif, pengobatan sistemik dan pembedahan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)