5 Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin

Senin, 23 Mei 2022 - 09:25 WIB
loading...
5 Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjelaskan adanya ketidaknyaman dalam tubuh. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Masuk angin merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjelaskan adanya ketidaknyaman dalam tubuh. Ketidaknyamanan ini ditandai dengan munculnya demam, rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, perut kembung, hingga munculnya rasa pegal-pegal. Penyebab masuk angin, kurang lebih mirip dengan penyebab flu.

Ada berbagai macam pengobatan yang dapat dilakukan, salah satu yang paling mudah untuk dilakukan adalah beristirahat. Jika Anda sering masuk angin dan tidak kunjung hilang, maka segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Namun, jika Anda baru pertama kali mengalami masuk angin, berikut adalah 5 cara mudah untuk mengatasinya.

Konsumsi cairan dengan cukup

Perbanyaklah minum air putih, jus, sup berkaldu, atau air lemon hangat dengan madu untuk membantu mencegah dehidrasi. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan soda yang dapat membuat dehidrasi tubuh semakin parah.

Konsumsi makanan bergizi

Ini seperti minum air putih, walaupun tenggorokan tidak enak menelan, Anda harus tetap makan makanan bergizi. Makanan bergizi akan membantu sel darah putih melawan bakteri atau virus yang ada pada tubuh. Pastikan Anda memakan makanan seperti sayur dan buah-buahan.


Istirahat

Istirahat merupakan salah satu pengobatan yang paling ampuh untuk meredakan masuk angin. Tubuh memerlukan waktu yang lebih untuk beristirahat agar dapat sembuh. Menambahkan beberapa jam istirahat di siang hari akan sangat membantu memulihkan kondisi tubuh.

Kerokan

Metode penyembuhan tradisional ini banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin dilakukan dengan cara mengerok punggung yang sudah diolesi minyak angin. Biasanya kerokan dilakukan menggunakan uang koin, sendok, atau bawang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)