Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Senin, 23 Mei 2022 - 14:35 WIB
loading...
Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak
Makanan pendamping ASI bisa menjadi salah satu faktor yang membuat bayi tidur pulas. Foto/KlikDokter
A A A
JAKARTA - Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi bayi. Tidur yang cukup akan membuat bayi sehat karena saat tidur, sel-sel tubuh beregenerasi dan terjadi detoksifikasi sehingga dapat mengembalikan energi setelah bangun.

Selain itu, tidur yang cukup dapat membantu pertumbuhan bayi. Karena saat bayi tertidur lelap di malam hari, hormon-hormon pertumbuhan akan keluar.

Agar bayi tidur nyenyak, tentunya orang tua perlu melakukan sleep hygiene. Misalnya, dengan mengganti popok dan pakaian, membacakan cerita, serta memperhatikan kenyamanan kamar tidur bayi.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah asupan makanan, karena bayi tentunya tidak dapat tidur nyenyak jika berada dalam kondisi lapar. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membuat bayi tidur nyenyak:

ASI

ASI diberikan secara eksklusif pada bayi kurang dari 6 bulan. Pada bayi, ASI dapat diberikan sebelum tidur dan menjadi pengantar tidur.ASI mengandung nutrisi yang lengkap dan membuat anak kenyang sehingga ia dapat tertidur dengan nyenyak. Bahkan, banyak bayi yang tertidur sambil menyusui di malam hari.

Baca Juga: Biasakan Bayi Tidur Siang, Ini Tips Lengkapnya

Pisang

Pada anak di atas 6 bulan, MPASI dengan berbagai komposisi sudah dapat diberikan. Salah satu MPASI yang bisa disajikan kepada bayi yakni pisang.Pisang adalah makanan yang dapat membuat bayi mudah tertidur nyenyak. Selain kandungan karbohidrat di dalamnya yang mengenyangkan, pisang juga menyimpan melatonin dan magnesium yang membantu bayi terlelap pulas.

Salmon

Makanan lain yang dapat membuat bayi cepat tidur adalah salmon. Ikan salmon merupakan sumber protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang bayi.Tak hanya itu, ikan salmon juga dapat memicu keluarnya hormon melatonin yang bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Oat

Pada bayi usia 6 bulan ke atas, orang tua dapat memberikan oat di malam hari agar bayi tidur lebih pulas.Oat membuat bayi kenyang lebih lama, sehingga ia bisa tertidur lebih pulas. Apalagi oat juga mengandung melatonin yang dapat membuat bayi tidur sepanjang malam.Kandungan serat yang terdapat dalam oat juga mampu memperlancar sistem pencernaan bayi Anda.

Nanas

Buah nanas dapat diberikan kepada bayi dalam jumlah terbatas sebagai pengenalan rasa. Selain untuk memperkenalkan rasa kepada bayi, nanas juga mengandung melatonin sehingga membuatnya mudah tidur.Para peneliti menemukan bahwa setelah mengonsumsi nanas, penanda melatonin dalam tubuh dapat naik hingga 266 persen. Itulah mengapa nanas bisa menjadi MPASI untuk membantu bayi terlelap.

Anggur

Anggur merupakan salah satu makanan yang membuat bayi tidur lebih nyenyak. Itu karena anggur mengandung melatonin di dalamnya.Anggur memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lunak, sehingga biasanya digemari oleh bayi. Namun, tetap batasi konsumsi anggur untuk bayi karena kandungan gulanya cukup tinggi.

Bayam

Sayuran yang satu ini sering diolah menjadi menu MPASI karena nutrisinya yang beragam. Selain mengandung zat besi serta vitamin C, bayam juga menyimpan asam amino triptofan.Triptofan dapat merangsang pengeluaran hormon melatonin dan serotonin, sehingga dapat membantu bayi tidur nyenyak.

Baca Juga: Berapa Lama Kebutuhan Tidur Bayi?

Nasi Putih

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam nasi putih dapat membantu bayi kenyang hingga tertidur pulas.Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat menjelang waktu tidur dapat meningkatkan rasa kantuk.Namun, tentunya nasi tidak berikan sendirian saja kepada bayi. Tetap harus dikombinasikan dengan sumber protein dan lemak agar menjadi menu seimbang untuk bayi.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Ini berkat kandungan protein dan melatonin di dalamnya.Perlu diingat untuk tidak memberikan kacang dalam bentuk utuh kepada bayi, karena dapat membuatnya tersedak. Berikanlah kacang yang sudah dihaluskan agar lebih mudah ditelan.

Ubi

Karena mengandung karbohidrat, pemberian ubi bisa menjadi cara untuk membuat bayi kenyang dan tidur nyenyak. Ubi pun memiliki melatonin di dalamnya.Sama seperti nasi, sebaiknya ubi diberikan bersama makanan lain seperti sumber protein dan karbohidrat. Dengan begitu, nutrisinya akan lengkap dan kesehatan bayi pun lebih terjaga.

Kini Anda telah mengetahui berbagai pilihan makanan yang dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Namun, perlu diingat bahwa masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membutikan hal-hal di atas. Semoga bermanfaat.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai topik ini, jangan ragu konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

Penulis: dr. Reza Fahlevi
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)