Ciri-ciri Kanker Lidah, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Senin, 23 Mei 2022 - 19:52 WIB
loading...
Ciri-ciri Kanker Lidah, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya
Ciri-ciri kanker lidah atau juga dikenal kanker mulut sangat mudah dideteksi sejak dini. Misalnya, mulai dari bercak merah atau putih yang menetap hingga adanya benjolan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri kanker lidah atau juga dikenal kanker mulut sangat mudah dideteksi sejak dini. Misalnya, mulai dari bercak merah atau putih yang menetap hingga adanya benjolan.

Layaknya setiap jenis kanker, kanker lidah juga memiliki empat tahapan stadium. Untuk menentukan seberapa parah gejala dan penyakitnya.

Kanker lidah bisa terjadi di bagian depan lidah, yang disebut “kanker lidah mulut”. Atau mungkin terjadi di pangkal lidah, di dekat tempat menempelnya bagian bawah mulut Anda. Ini disebut "kanker orofaringeal."

Guna mengetahui lebih lanjut, seperti apa ciri-ciri atau gejala kanker lidah?. Berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Kanker Terus Mengancam

Menurut Healthline, tahap awal kanker lidah, terutama dengan kanker di pangkal lidah, Anda mungkin tidak melihat gejala apa pun. Gejala awal kanker lidah, yang paling umum adalah luka di lidah yang tidak kunjung sembuh dan mudah berdarah, lainnya adalah;

* Bercak merah atau putih di lidah Anda yang menetap
* Sariawan yang menetap
* Nyeri saat menelan
* Mulut mati rasa
* Sakit tenggorokan yang berlanjut
* Berdarah dari lidah tanpa penyebab yang jelas
* Benjolan di lidah menetap



Lebih lanjut, dikatakan perawatan untuk kanker mulut akan bervariasi tergantung pada jenis, lokasi, dan stadium kanker saat didiagnosis, seperti pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi yang ditargetkan, hingga menjaga mulut tetap sehat.

"Pengobatan untuk kanker lidah tergantung pada seberapa besar kanker dan apakah sudah menyebar (stadium). Itu juga tergantung pada bagian lidah mana yang terpengaruh," keterangan dalam website Cancer research UK, dikutip Senin (23/5/2022).

Sekadar informasi, lebih dari 49.000 kasus kanker mulut setiap tahun di Amerika Serikat, paling sering terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun. Kanker mulut paling sering ditemukan, setelah menyebar ke kelenjar getah bening leher.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1843 seconds (10.101#12.26)