Jangan Asal Gowes, Penting Pilih Rute Bersepeda Selama Pandemi Covid-19

Senin, 22 Juni 2020 - 19:48 WIB
loading...
Jangan Asal Gowes, Penting Pilih Rute Bersepeda Selama Pandemi Covid-19
Bersepeda selama pandemi Covid-19 harus lebih waspada untuk menghindari virus corona. Salah satunya pemilihan rute atau tempat yang aman. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bersepeda selama pandemi Covid-19. Salah satunya pemilihan rute atau tempat yang aman agar terhindar dari pandemi virus corona.

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Eminence Sports Medicine and Human Performance Centre, Dr. Andi Kurniawan, Sp.KO mengatakan, jika ingin bersepeda di luar rumah, penting untuk memilih rute yang termasuk dalam zona hijau.

"Kalau saat ini di Indonesia, Juni tanggal 20-an ini, grafik kita masih naik, belum landai, risiko terjadinya infeksi ketika kita berpergian keluar rumah cukup tinggi dan alasan Indonesia membuat PSBB transisi atau agak dilonggarkan itu masalahnya adalah masalah ekonomi. Tapi masalah public healthnya dipertimbangkan. Sehingga ketika kita pergi keluar untuk bekerja saja, untuk berbisnis," kata Dr. Andi saat dihubungi SINDOnews, Senin (22/6/2020).

"Tapi kalau tetap mau bersepeda keluar, sarannya pastikan kita kondisi sehat. Kedua pastikan daerahnya zona hijau. Jakarta sekarang sudah hijau ya, sekarang agak kekuning. Jakarta ada beberapa RW yang merah segala macem. Jadi itu perlu diperhatikan sebenarnya," tambahnya. (Baca juga: Inilah Tips Aman Bersepeda di Luar Rumah Menurut Ahli ).

Lebih lanjut Dr. Andi menekankan, jangan sampai tren bersepeda saat ini membuat masyarakat tertular atau menularkan Covid-19. Apalagi, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Sebab itu, penting untuk masyarakat pandai-pandai menjaga kesehatan saat berolahraga, seperti memilih rute atau tempat yang aman untuk bersepeda, menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Jadi rute, protective equipment, jangan sampe kita tertular atau menulari Covid ini. Seperti di car free day segala macem, milih tempat bersepedanya yang bener dong. Daripada lari, daripada jalan, kita ngindarin orang, nggak papasan, jaga jarak, pake sepeda itu lebih gampang. Artinya keep your distance," jelasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)