Kolesterol Tinggi, Gejala Serius di Kaki yang Tandai Kondisi Fatal

Sabtu, 28 Mei 2022 - 05:30 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, Gejala Serius di Kaki yang Tandai Kondisi Fatal
Kolesterol tinggi tidak diobati dapat menyebabkan iskemia ekstremitas. Kondisi ini ditandai gejala serius di kaki yang menandakan kolesterol menjadi fatal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Membiarkan kolesterol tinggi tidak diobati dapat menyebabkan iskemia ekstremitas kritis, aliran darah sangat terbatas ke kaki. Di mana kondisi ini bisa ditandai dengan gejala serius di kaki yang menandakan bahwa kolesterol telah menjadi fatal.

"Kolesterol tinggi dianggap sebagai awal dari masalah kesehatan yang serius. Jika tidak diobati, seiring waktu kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis," kata Konsultan Kardiologis di Harley Street Clinic, Dr Rodney Foale dilansir dari Express, Sabtu (28/5/2022).

“Arteri tersumbat dengan zat lemak yang disebut plak, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Proses yang membuat arteri tersumbat ini terkadang dapat menyebabkan masalah serius, dan seringkali fatal, termasuk iskemia ekstremitas kritis," lanjutnya.

Kondisi yang berpotensi fatal ini dapat disebabkan karena masalah dasar yaitu tingginya kadar kolesterol dalam darah. Foale menjelaskan iskemia ekstremitas kritis terjadi jika aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas. Namun, ini tidak terjadi tanpa gejala yang muncul.


Karena kondisi ini dipicu oleh berkurangnya aliran darah ke kaki, ini adalah area di mana gejala dapat terlihat. Adapun gejala tersebut di antaranya adalah rasa sakit terbakar yang parah di kaki dan berlanjut bahkan saat Anda sedang beristirahat, kulit menjadi pucat, berkilau, halus dan kering.

Luka dan borok (luka terbuka) di kaki dan tidak kunjung sembuh, kehilangan massa otot di kaki, kulit pada jari kaki atau tungkai bawah menjadi dingin dan mati rasa, berubah menjadi merah dan kemudian hitam, dan atau mulai membengkak dan menghasilkan nanah yang berbau, menyebabkan nyeri hebat (gangren).

"Angioplasti atau cangkok bypass biasanya merupakan pengobatan yang direkomendasikan, namun, dalam beberapa kasus, amputasi di bawah lutut mungkin diperlukan," jelas Foale.

“Jika Anda merasa mengalami gejala iskemia ekstremitas kritis, Anda harus segera menghubungi dokter umum untuk diagnosis," tambahnya.


Sayangnya, tidak banyak tanda-tanda peringatan kolesterol tinggi karena tanda bahaya biasanya muncul hanya seiring perkembangan kondisi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)