Waspada, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok Parah

Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:43 WIB
loading...
Waspada, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok Parah
Sedikitnya ada lima penyebab rambut rontok parah yang mesti diketahui. Foto Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima penyebab rambut rontok parah yang mesti diketahui. Penyebab rambut rontok parah pada seseorang diakibatkan oleh beberapa faktor, dari faktor stres berlebihan hingga faktor usia.

Secara medis, rambut terbuat dari protein khusus yang dibuat dalam akar rambut atau biasa disebut dengan folikel. Saat folikel membuat sel rambut baru, maka sel rambut yang lama akan terdorong keluar. Hal inilah yang sering disebut dengan rambut rontok.

Sebagian orang mungkin akan menganggap remeh permasalahan rambut rontok, karena kehilangan berhelai-helai rambut dalam sehari merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, apabila mengalami kerontokan setiap hari, kemungkinan rambut terindikasi adanya penyakit . Hal ini harus diwaspadai dengan terlebih dahulu mengetahui penyebabnya.
Baca juga : Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Berikut lima penyebab rambut rontok parah dikutip dari berbagai sumber :

1. Stres

Penyebab rambut rontok parah yang pertama adalah stres. Kondisi stres pada seseorang, baik stres secara fisik maupun stres secara emosional menjadi salah satu rambut rontok. Hal ini dikarenakan kondisi stres yang menimpa seseorang ini akan berpengaruh pada sistem kerja tubuhnya dan salah satu akibat yang dikeluarkan adalah dengan rontoknya rambut.

2. Efek Samping Obat-obatan

Penyebab rambut rontok parah yang kedua adalah efek samping obat-obatan. Efek samping dari obat yang tubuh konsumsi dapat menjadi salah sebab untuk kerontokan rambut secara berulang. Sebagai contoh, seperti pemakaian pil KB, obot antidepresan, Vitamin A dosis tinggi, dan lainnya.

3. Perubahan Hormon

Penyebab rambut rontok parah yang ketiga adalah perubahan hormon. Adanya perubahan hormon pada tubuh seperti yang terjadi pada wanita hamil atau setelah melahirkan dan menyusui menyebabkan potensi rambut rontok secara berulang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1670 seconds (11.210#12.26)