Cara Mudah Turunkan Kadar Gula pada Nasi, Penderita Diabetes Wajib Tahu!

Minggu, 29 Mei 2022 - 16:25 WIB
loading...
Cara Mudah Turunkan Kadar Gula pada Nasi, Penderita Diabetes Wajib Tahu!
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Nasi kerap menjadi salah satu makanan yang dihindari oleh penderita diabetes maupun mereka yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, meskipun nasi mengandung karbohidrat yang bisa memberikan tenaga, namun kandungannya akan berubah menjadi glukosa atau gula.

Hal ini tentu bisa membahayakan bagi penyandang diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi. Alih-alih kenyang, kesehatan malah bisa terancam. Juga, untuk mereka yang sedang menjalani diet, kandungan gula ini dapat memicu naiknya berat badan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar gula pada nasi. Nah, berikut adalah empat caranya.



1. Campur dengan Minyak Kelapa


Rupanya minyak kelapa bisa membantu mengurangi kadar gula dalam nasi jika dicampur saat proses memasak. Riset tersebut dipresentasikan pada 249th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society di Amerika Serikat baru-baru ini.

Menurut para peneliti itu, ada dua jenis tajin yang terdapat pada nasi, yakni yang mudah dicerna dan yang sulit. Sehingga dicobalah untuk menambahkan minyak kelapa karena dipercaya bisa membuat tajin menjadi sulit dihancurkan oleh enzim pencernaan.

2. Tambahkan Sedikit Jeruk Nipis dan Daun Pandan

Saat memasak nasi, berilah sedikit perasan air jeruk nipis dan daun pandan secukupnya. Jika sudah matang, tiriskan dan dinginkan nasi dengan cara dikipas-kipas atau dibolak balik hingga dingin. Jika nasi sudah tidak terlalu lengket, nasi siap dimakan.

3. Konsumsi Nasi dalam Keadaan Dingin

Nasi putih kaya akan zat pati atau karbohidrat yang dapat dicerna dan diserap dengan cepat oleh usus halus, sehingga kadar gula darah pun akan meningkat dengan cepat. Namun, zat pati tersebut dapat diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna (zat pati resisten).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.7091 seconds (0.1#10.140)