Ubah Persepsi Negatif Kesehatan Mental, Iqbaal Ramadhan Gelar Konser Online

Selasa, 23 Juni 2020 - 09:24 WIB
loading...
Ubah Persepsi Negatif Kesehatan Mental, Iqbaal Ramadhan Gelar Konser Online
Persepsi negatif terhadap penyakit mental menjadi hambatan bagi penyintas untuk mendapatkan pertolongan yang layak. Ini yang membuat Iqbal Ramadhan membuat konser. Foto/Istimewa.
A A A
Adanya persepsi negatif atau stigma masyarakat Indonesia terhadap penyakit mental menjadi hambatan besar bagi penyintas untuk mendapatkan pertolongan yang layak, terutama bagi komunitas Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ). Hal tersebut menjadi salah satu faktor mengapa banyak ODGJ terlantarkan oleh keluarganya dan tidak memiliki tempat tinggal.

Salah satu yayasan peduli ODGJ, seperti Pondok Kasih Bersaudara memberi tempat perlindungan bagi komunitas ODGJ. Namun, mereka masih bergantung kepada donatur dalam menyediakan bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Selama masa pandemi COVID-19, sumbangan untuk yayasan Pondok Kasih Bersaudara telah berkurang sehingga penyediaan bahan pokok termasuk alat kebersihan dan kesehatan untuk para ODGJ menjadi lebih sulit. (Baca juga: 4 Palet Ini Ampuh Mengoreksi Warna Makeup ).

Berdasarkan fakta tersebut, Iqbaal Ramadhan dan Rinrin melalui Svmmerdose, Tuan Tiga Belas serta realme tergerak menggalang dana untuk membantu salah satu komunitas ODGJ melalui konser musik online bertajuk realme X Svmmerdose Charity Online Session. Acara ini akan diadakan pada 24 Juni pukul 19.00 WIB di kanal YouTube realme Indonesia.

“Semenjak pandemi, bukan hanya sektor ekonomi di semua kelas yang terkena dampaknya. Kesehatan fisik pun jadi sasaran utama untuk virus bersarang di tubuh manusia. Sayangnya, kesehatan mental lebih jarang mendapat perhatian untuk dibicarakan dan dijaga, meski sifatnya krusial, terlebih di masa-masa sulit seperti ini," kata Iqbaal Ramadhan saat jumpa pers virtual, Senin (22/6/2020).

Konser ini diinisiasi untuk memberikan hiburan dan mengurangi ketegangan di situasi pendemi sekarang, serta mengumpulkan dana untuk mereka yang mengalami gangguan mental. Menurut Iqbal, setiap orang berhak untuk hidup layak, dan musik adalah sarana dirinya sebagai publik figur untuk membangun kesadaran dan menggerakkan kekuatan kolektif.

"Ide awal ini adalah yang mencetuskan acara Charity Online Session. Tujuannya, untuk membantu para penyintas gangguan mental untuk mendapatkan pelayanan yang layak sebagaimana kita yang belakangan ini di rumah saja," jelasnya.

"Selain itu, saya berharap acara ini bisa menjadi sebuah sarana digital untuk sedikit melepas rindu dengan konser musik, sekaligus berbagi untuk mereka yang lebih membutuhkan,” tambahnya.

Di sisi lain, realme X Svmmerdose Charity Online Session juga bekerja sama dengan Kitabisa.com, platform untuk berdonasi dan mengumpulkan dana secara online. Para penonton dapat langsung berdonasi melalui smartphone selama konser. Semua dana yang dikumpulkan selama konser online akan disumbangkan ke Pondok Kasih Bersaudara.

"Kita pengen menghibur temen-temen dan berikan edukasi ringan tentang mental health karena mental issue ada di sekitar kita. Saya berharap charity online ini bisa menghasilkan dana sebesarnya dan 1 jam kedepan bisa menjadi space dan menghela napas dengan pandemi yang tidak berkesudahan. Orang-orang dihibur dan kita orang-orang yang biasa menghibur mengasah otot kreativitas kita," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)