6 Olahraga Penurun Kolesterol, Nomor 4 Gampang Banget

Kamis, 02 Juni 2022 - 10:27 WIB
loading...
6 Olahraga Penurun Kolesterol, Nomor 4 Gampang Banget
Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu risiko penyakit kardiovaskular maupun serangan jantung. Maka, Anda disarankan untuk sering berolahraga. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu risiko penyakit kardiovaskular maupun serangan jantung. Maka, untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan untuk sering berolahraga.

Melansir laman hellosehat.com, disebutkan bahwa olahraga akan merangsang enzim yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (LDL) dari darah ke hati. Kemudian, kolesterol diubah menjadi empedu untuk proses pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh.

Lantas, olahraga apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol? Simak ulasannya berikut ini.



1. Bersepeda


Sebuah studi dari Journal of the American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda cenderung tidak pernah mengalami peningkatan kolesterol daripada orang yang tidak bersepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa membakar kalori yang ada dalam tubuh kamu.

2. Berlari

Jika dilakukan secara teratur, berlari bisa juga menurunkan kadar kolesterol. Selain menurunkan kolesterol, berlari bisa pula menurunkan berat badan sehingga risiko terkena serangan jantung pun berkurang.

3. Latihan Ketahanan


Latihan ketahanan dikenal juga sebagai latihan beban. Untuk melakukan latihan beban, Anda bisa memulainya seperti dengan push up, angkat besi, dan sit up.

Berdasarkan jurnal Sports Medicine, seseorang dengan kondisi pramenopause yang sudah menjalani sesi latihan ketahanan mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya kurang dari 14 minggu.



4. Jogging atau Jalan Cepat


Selanjutnya olahraga yang bisa membakar kadar kolesterol adalah jogging atau jalan cepat. Bahkan jogging dianggap lebih baik ketimbang lari.

5. Berenang

Salah satu olahraga yang dapat membantu memperkuat jantung dengan cara membuat kerjanya lebih efisien saat memompa darah, adalah berenang. Bahkan berenang juga ikut menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

6. Yoga

Yoga juga dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Dengan beryoga akan membantu melatih otot, menjaga kesehatan mental, sekaligus meningkatkan kualitas tidur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)