10 Bakteri Baik yang Menguntungkan bagi Manusia, Bisa Perkuat Imunitas Tubuh

Kamis, 02 Juni 2022 - 15:16 WIB
loading...
10 Bakteri Baik yang Menguntungkan bagi Manusia, Bisa Perkuat Imunitas Tubuh
Bakteri baik banyak manfaatnya bagi manusia, salah satunya perkuat imunitas tubuh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat umumnya mengenal bakteri sebagai parasit yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun, sebenarnya ada juga beberapa bakteri yang menguntungkan bagi kesehatan.

Ya, jenis bakteri yang bermanfaat bagi manusia adalah probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik penghasil asam laktat yang ditemukan di dalam saluran pencernaan.

Bakteri tersebut digunakan untuk mengatasi penyakit diare, iritasi usus, penyakit kulit, dan lainnya.

Berikut beberapa jenis bakteri probiotik untuk kesehatan Anda:

1. Lactobacillus Acidophilus

Lactobacillus acidophilus adalah salah satu bakteri yang normalnya berada di saluran pencernaan manusia. Bakteri ini bermanfaat menurunkan kolesterol jahat dan mengatasi diare.

Lactobacillus acidophilus juga dapat melawan bakteri vagina yang dapat menyebabkan keputihan. Probiotik jenis ini dapat ditemukan di dalam minuman susu fermentasi seperti yoghurt, serta tempe dan keju.

2. Lactobacillus Rhamnosus

Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri yang bermanfaat mengatasi diare, melindungi saluran pencernaan, dan menjaga kesehatan organ hati.

Mendapatkan asupan jenis probiotik ini juga tak sulit. Bakteri Lactobacillus rhamnosus bisa Anda temukan di produk olahan susu dan yoghurt.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2186 seconds (11.97#12.26)