Menyeimbangkan Olahraga dan Nutrisi, Apa Efeknya?

Selasa, 23 Juni 2020 - 16:31 WIB
loading...
Menyeimbangkan Olahraga dan Nutrisi, Apa Efeknya?
Olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, hanya olahraga saja bukan langkah yang tepat. Olahraga akan lebih baik jika diiringi dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, hanya olahraga saja bukan langkah yang tepat. Olahraga akan lebih baik jika diiringi dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Ada efeknya untuk kesehatan?

Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi menjelaskan nutrisi sebelum, saat dan olahraga perlu diperhatikan.

"Ngga selamanya olahraga solo, tapi kalau didampingi sama nutrisi akan maksimal. Kenapa nutrisi untuk latihan dan olahraga penting? Karena untuk menjaga ketersediaan energi, memaksimalkan performa olahraga, meningkatkan kualitas penyembuhan," kata Rendy saat acara Nutriclass, Selasa (23/6/2020).

Nutrisi sebelum olahraga bermanfaat untuk mempersiapkan tenaga dan cairan tubuh agar dapat digunakan secara optimal saat olahraga. Nutrisi yang wajib dikonsumsi berupa karbohidrat yang berfungsi mengisi cadangan tenaga dalam bentuk glikogen. Sementara itu, waktu sebelum mengonsumsi dapat menentukan jenis karbohidrat.

"2-4 jam bisa makan makanan lengkap, roti lapis, nasi merah, dada ayam dan sayur. 1-2 jam kudapan ringan bisa menjadi pilihan, buah yogurt, smoothie, oatmeal dengan buah. Kurang 1 jam, sport drink atau sport bar," kata Rendy.

Saat olahraga, terutama untuk waktu yang lama dan intens berguna untuk menjaga kadar gula darah dan elektrolit agar olahraga dapat tetap dilakukan. Dalam hal ini, Rendy menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat yang cepat dicerna, antara lain carbo gel, pisang, energy bar, sport drink dan air.

Berbeda dengan sebelum dan saat, setelah olahraga, tubuh tidak hanya membutuhkan nutrisi berupa karbohidrat yang dapat mengembalikan tenaga dan level glikogel dalam tubuh, tapi juga nutrisi lainnya. Seperti halnya air, protein dan lemak. (Baca juga: Obat Dexamethasone, Reisa Broto Asmoro: Tak Boleh Mengobati Diri Sendiri ).

Di sisi lain, protein digunakan untuk pemulihan jaringan otot yang rusak dan mengonsumsi protein 20-25 gram dapat mengoptimalkan pembentukan otot. Untuk lemak, pastikan memilih lemak sehat, antara lain alpukat, kacang, bukan gorengan.

"Setelah olahraga kita butuh nutrisi karbohidrat, protein, lemak dan air karena untuk mengimbangi tenaga dan cairan tubuh untuk mengoptimalkan penyembuhan pasca olahraga. Yang bisa kita konsumsi, air, susu, pisang," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)