Konsil Kedokteran Indonesia: Kedudukan PDSI Setara dengan IDI

Jum'at, 03 Juni 2022 - 11:20 WIB
loading...
Konsil Kedokteran Indonesia: Kedudukan PDSI Setara dengan IDI
Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menerima audiensi dari Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) pada Selasa, 24 Mei 2022. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menerima audiensi dari Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) pada Selasa, 24 Mei 2022. Audiensi ini belangsung di kantor KKI dan dihadiri segenap komisioner KKI selaku pejabat negara dan pengurus pusat PDSI, termasuk Letjen TNI (Purn) Prof. Dr. dr. Terawan, Sp. Rad (K)RI.

Ketua Umum PDSI, Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Prayitno, Sp. B, MARS menyampaikan bahwa PDSI memiliki visi menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Adapun misi PDSI yang juga disampaikan di antaranya mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah dengan membentuk organisasi dokter yang profesional, meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota dan mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia.

KKI menyambut baik kehadiran PDSI untuk reformasi kesehatan yang lebih baik di mana dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD, FINASIM selaku Ketua KKI berharap PDSI menjadikan kemajuan teknologi kedokteran sebagai salah satu fokus, terutama dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025 sehingga dokter Indonesia dapat bersaing secara global.

Ketua KKI juga berharap visi misi PDSI sejalan dengan slogan KKI, yaitu komunikasi, kolaborasi, integritas. Ketua KKI juga berharap PDSI senantiasa bersikap strategis. KKI mendukung PDSI yang sudah sah dan legal menurut undang-undang. KKI juga mengakui PDSI sebagai organisasi profesi kedokteran yang setara dengan IDI.


Laksda TNI (Purn) drg. Andriani, Sp. Ort, FICD selaku Wakil Ketua 1 KKI juga mengucapkan selamat dan menyambut baik kehadiran PDSI yang memberi warna baru dalam dunia kesehatan Indonesia dengan tetap berpegang pada visi-misi mulia yang ditetapkan sendiri oleh PDSI.

Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D mengingatkan PDSI bahwa kemajuan IPTEK kedokteran secara global sudah sangat signifikan sehingga PDSI harus mengantisipasi hal tersebut dengan aktif di dunia internasional juga. Dalam kesempatan tersebut, sebagai komisioner KKI yang mewakili masyarakat awam juga menyambut baik berdirinya PDSI untuk membawa perubahan yang lebih baik.

Dr. dr. Dollar, Sp.KKLP, SH, MH, MM selaku Divisi Pembinaan KKI juga mengucapkan selamat secara khusus kepada PDSI karena telah diakui negara berdasarkan SK Kemenkumham, serta berharap PDSI membela NKRI, membela kesejawatan, serta membawa Indonesia untuk dunia sesuai slogan PDSI sendiri.

Prof. dr. Deby Pada Vinski, M.Sc, Ph.D selalu Wakil Ketua Umum PDSI merasa bersyukur atas sambutan hangat dari KKI. Prof. Deby mengungkapkan bahwa PDSI mengutamakan kesejawatan dan kemajuan IPTEK, terutama mendukung sejawat dokter di luar negeri untuk kembali ke Indonesia untuk mengembalikan devisa negara yang keluar.

Dr. Erfen Gustiawan Suwangto, Sp.KKLP, SH, MH.Kes selaku Sekretaris Umum PDSI juga mengungkapkan bahwa PDSI siap menguatkan fungsi KKI sebagai lembaga negara selaku penentu standar pendidikan, standar kompetensi sehingga tidak akan ada standar ganda dalam dunia kedokteran Indonesia walau sekarang organisasi profesi dokter lebih dari satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2497 seconds (0.1#10.140)