Pantai Grajangan, Spot Ombak Terbaik di Banyuwangi Selain G-Land

Sabtu, 04 Juni 2022 - 23:00 WIB
loading...
Pantai Grajangan, Spot Ombak Terbaik di Banyuwangi Selain G-Land
Pantai Grajangan di Banyuwangi merupakan spot ombak terbaik selain Pantai Plengkung atau G-Land. Bagi peselancar sebaiknya mencoba mengunjungi Pantai Grajangan. Foto/Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Pantai Grajangan di Banyuwangi merupakan spot ombak terbaik selain Pantai Plengkung atau G-Land. Bagi wisatawan, khususnya peselancar sebaiknya mencoba mengunjungi Pantai Grajagan.

Meski tidak terlalu terkenal seperti G-Land, ombak di pantai yang berjarak 50 kilometer dari Kota Banyuwangi ini tidak kalah memesona bagi para pemburu ombak kanan atau right hander yang menawarkan "wahana bermain" sepanjang 1 kilometer.

“Ombak di Grajagan bisa diperuntukan bagi peselancar profesional pun buat para pemula yang ingin mencoba sensasi baru juga bisa datang ke sana. Lantaran akan menemukan pengalaman dan sensasi yang menyenangkan saat bisa berdiri di atas ombak,” kata Komang Ari, peselancar asal Bali yang pertama kali ke Pantai Grajagan pada 2011 melalui keterangan resmi Kemenparekraf, Sabtu (4/6/2022).

Titik terbaiknya ada di Plawangan yang berjarak 300 meter dari bibir pantai. Para peselancar bisa berenang menggunakan papan untuk mencapai titik ini. Namun untuk menuju spot tersebut, para wisatawan harus menyusuri garis pantai bebatuan dari depan pintu masuk Pantai Grajagan.

Pantai Grajangan, Spot Ombak Terbaik di Banyuwangi Selain G-Land



Pantai Grajangan, Spot Ombak Terbaik di Banyuwangi Selain G-Land


Spot Plawangan sendiri memiliki karakter ombak cepat dengan tinggi yang bisa mencapai 4 meter di waktu tertentu. Sehingga para surfer bisa masuk ke dalam gulungan ombak atau barrel yang memberikan sensasi yang luar biasa.

“Banyak yang bilang bahwa ombak di Pantai Grajagan menjadi salah satu tempat rahasia atau secret spot yang belum banyak diketahui oleh para peselancar,” ujar Komang.

Komang menjelaskan sensasi surfing di Plawangan merupakan petualangan yang seru untuk menemukan ombak bagus lantaran lokasinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombak yang dihasilkan sempurna. Komang bahkan menyebut bahwa di Bali tidak ada ombak sebagus di Pantai Grajagan.

“Kalau di Bali tidak ada pantai yang masuk hutan seperti ini. Bali semua mudah dicapai untuk mencari ombak. Barrelnya panjang sekali bisa mencapai 200-300 meter. Ombak sempurna seperti itu tidak ada di Bali,” jelas Komang.


Potensi ombak di Pantai Grajagan pun diharapkan bisa terkenal seperti di G-Land yang saat ini menjadi tempat diselenggarakannya liga selancar internasional alias World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022.

“Mereka (masyarakat) ingin banyak wisatawan yang datang. Dengan banyaknya wisatawan, pasar-pasar ikan di sana bisa maju, desa-desa bisa maju, karena di sana kampung kelayan,” tutup Komang.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2548 seconds (0.1#10.140)