Atasi Acne Mechanica Tidak Cukup Hanya dengan Menggunakan Skincare

Selasa, 07 Juni 2022 - 11:01 WIB
loading...
Atasi Acne Mechanica Tidak Cukup Hanya dengan Menggunakan Skincare
Kulit wajah yang bersih dan sehat merupakan idaman sebagian besar wanita. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kulit wajah yang bersih dan sehat merupakan idaman sebagian besar wanita. Akan tetapi, terkadang membutuhkan perjuangan ekstra keras bagi sebagian orang untuk mengatasi masalah kulit.

Bukanlah perkara mudah untuk merawat kulit, terutama yang memiki masalah jerawat . Tidak sedikit yang harus memilah dan memilih skincare yang tepat, hingga harus menggunakannya secara rutin.

Ini sebagaimana disampaikan dermatolog, dr. Irmadita Citrashanty, SpKK, FINSDV. Menurutnya, menyembuhkan jerawat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi untuk mereka yang memiliki wajah rentan berjerawat atau biasa disebut acne prone skin.

Baca juga: 4 Penyakit yang Disebabkan Kolesterol Tinggi, Waspada!

"Bicara tentang jerawat, faktornya itu beragam mulai dari genetik, hormon, hingga bakteri. Kalau sudah gampang berjerawat lalu terinfeksi, maka jerawat akan meradang," ungkap dr. Irmadita dalam talkshow Beauty Fest 2022 di Surabaya, beberapa waktu lalu.

"Tidak semua jerawat harus berobat ke dokter spesialis karena tergantung dari tingkat keparahannya. Kalau masih ringan, bisa pakai skincare yang ada di pasaran. Namun, jika sudah dicoba tidak membaik, maka harus berkonsultasi ke dokter spesialis kulit," jelasnya.

Dokter Irmadita menambahkan bahwa jenis jerawat yang bisa juga menyerang adalah acne mechanica.

"Saat pandemi, ini banyak terjadi disebabkan pemakaian masker. Adanya gesekan pada masker dan kelembaban berlebih yang memicu timbulnya jerawat. Acne mechanica juga disebabkan oleh friksi atau gesekan dengan permukaan yang kasar," paparnya.

Oleh karenanya, penggunaan skincare tidak cukup dalam mengatasi atau pun mencegah kulit berjerawat. Menghindari gesekan benda yang sering menempel dengan wajah adalah salah satu usaha untuk menghindari munculnya jerawat.

Sebagai pejuang wajah berjerawat, seorang Beauty Enthusiast, Ratu Ghania mengatakan bahwa sudah setahun ini mulai memperhatikan penggunaan sarung bantal. "Terkesan simpel, misal kita pakai sarung bantal yang kasar apalagi kalau kotor dan jarang diganti bisa gampang muncul jerawat," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)