Begini Cara Menurunkan Perilaku Agresif pada Anak-Anak

Rabu, 24 Juni 2020 - 02:22 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Perilaku Agresif pada Anak-Anak
Adanya perilaku agresif pada anak-anak disebabkan perubahan suasana hati dan beberapa faktor lainnya. / Foto: ilustrasi/Quality Custom Essays
A A A
JAKARTA - Diam di rumah selama berbulan-bulan demi memperlambat penyebaran coronavirus , bisa menjadi pengalaman yang berat dan mungkin menyusahkan bagi banyak orang. Apalagi untuk orang tua , lantaran bekerja dari rumah, mereka terus bersama anak-anak dan tidak jarang menghadapi amarah, atau sifat agresif anak.

(Baca juga: Anak Temperamen Berpotensi Tumbuhkan Kebiasaan Makan Tidak Sehat )

Sifat tersebut jika tidak dikontrol akan meningkatkan risiko berbagai masalah psikologis pada anak-anak seperti ketakutan, khawatir, kecemasan, depresi, kemarahan, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan.

Adanya perilaku agresif pada anak-anak disebabkan perubahan suasana hati, depresi, frustrasi, paparan konten kekerasan, impulsif, trauma, dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), atau bahkan saat mereka haus, lapar, atau lelah. Dan berikut adalah cara menurunkan sifat agresif pada anak seperti dilansir Times Now News.

1. Bicaralah pada Anak Anda

Pastikan Anda berkomunikasi dengan anak ketika Anda melihat bahwa dia agresif, bicaralah dengannya dan temukan masalah yang mendasarinya.

2. Jangan Pukul Anak-Anak

Anda mungkin bisa kehilangan kesabaran ketika melihat anak-anak Anda bersikap agresif. Namun, Anda harus tetap tenang dan jangan melakukan kekerasan.

3. Segera Tanggapi Perilaku Anak Anda

Jika anak Anda menunjukkan perilaku agresif maka tindakan yang tepat adalah katakan kepadanya bahwa itu sama sekali tidak baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)