Podcast Aksi Nyata Beberkan 3 Hal yang Harus Dipersiapkan Fresh Graduate saat Masuk Dunia Kerja

Rabu, 08 Juni 2022 - 19:33 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata Beberkan 3 Hal yang Harus Dipersiapkan Fresh Graduate saat Masuk Dunia Kerja
Tris Miriam Septima selaku Human Resources (HR) Profesional membeberkan beberapa tips dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia. Foto/Tangkap Layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Fresh graduate mesti mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Pasalnya, dunia kerja di era pandemi Covid-19 dan era digitalisasi seperti sekarang memerlukan beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum diterima kerja.

Tris Miriam Septima selaku Human Resources (HR) Profesional membeberkan beberapa tips dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia. Apa saja? Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, simak selengkapnya berikut ini!

1. Mental

Tris Miriam Septima mengatakan, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah mental. Ingat, saat ini Anda bukan lagi seorang mahasiswa di bangku kuliah, melainkan seorang pekerja yang harus tepat waktu dan disiplin dalam bekerja.

"Banyak yang mentalnya belum ready untuk masuk kerja. Jadi, mindsetnya kayak masih kuliah. Temen-temen harus bisa mengubah, oh sekarang pekerja. Jadi nggak bisa telat, titip absen, itu udah nggak bisa," ucapnya, Rabu (8/6/2022).

2. Cari unique selling point dalam diri

Selanjutnya, Tris mengatakan, untuk mencari unique selling point dalam diri sendiri. Ya, Anda haus menemukan sesuatu yang unik, di mana hanya Anda yang memiliki keistimewaan tersebut.

Tak melulu soal IPK, Anda juga harus aktif dalam berbagai kegiatan organisasi semasa kuliah. Pasalnya, pengalaman itulah, kata Tris, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan.

"IPK memang one thing, tapi perusahaan mencari teman-teman yang sudah biasa berinteraksi dengan orang lain, interpersonal skill yang bisa digali dengan aktif di organisasi, lomba, dan sebagainya," kata Tris.

Ingat, sekarang orang bisa dengan mudah membaca jejak rekam Anda melalui internet, lebih tepatnya Google. Oleh karena itu, upayakan Google tetap merekam sisi positif dari diri Anda dengan memperbanyak melakukan kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan diri agar bisa terlihat selalu produktif dan bermanfaat bagi perusahaan.

3. Selalu proaktif

Terakhir, para calon pekerja juga harus selalu proaktif, mengambil inisiatif dalam bertanya ataupun belajar terkait pekerjaan. Terlebih, kini berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah lewat internet. Mengingat setiap karyawan kantor lain memiliki tugas dan kesibukan masing-masing, para calon pekerja pun harus berinisiatif untuk belajar sendiri.

"Jangan disuapin terus, nggak bisa teman-teman, kan kita yang butuh. Ketika manajernya juga sibuk, cari waktu, tanya, proaktif. Jadi, jangan nunggu," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)