Fresh Graduate Harus Tahu Ini! Sebaiknya Pilih Gaji Besar atau Kenyamanan Kerja?

Rabu, 08 Juni 2022 - 20:42 WIB
loading...
Fresh Graduate Harus Tahu Ini! Sebaiknya Pilih Gaji Besar atau Kenyamanan Kerja?
Tris Miriam Septima selaku Human Resources (HR) Profesional membeberkan beberapa tips dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia. Foto/Tangkap Layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Memilih tempat bekerja yang pas memang bisa menentukan perjalanan karier dalam jangka yang panjang, terutama bagi fresh graduate. Tak jarang, mereka dihadapkan pilihan antara gaji besar atau lingkungan kerja yang nyaman dengan gaji yang standar.

Gaji besar dan kenyamanan kerja memang sama-sama penting. Namun, rasanya cukup sulit menemukan tempat kerja yang menawarkan keduanya bagi seorang karyawan. Sebab, kalau di sebuah tempat kerja cukup nyaman, terkadang gajinya kecil atau standar. Atau sebaliknya, gajinya besar tapi kenyamanan di tempat kerja tersebut sangat minim.

Lantas, lebih pilih gaji besar dengan tekanan kerja yang tinggi atau gaji standar dengan lingkungan kerja yang baik?

Tris Miriam Septima selaku Human Resources (HR) Profesional memberi pandangannya lewat Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia. Menurutnya, kenyamanan dalam tempat bekerja adalah nomor satu, terutama bagi para fresh graduate.



"Gaji memang penting, tapi menurut aku untuk fresh graduate sebaiknya pilih lingkungan yang mendukung. Misalnya kerjaannya nggak fotokopi atau ngetik doang, tapi bertemu user A, user B, klien, mendapat keleluasaan untuk memberi input, ide. Itu perlu loh. Nggak semua organisasi memberi peluang itu," katanya, Rabu (8/6/2022).

Lebih lanjut, Tris mengatakan jika tak semua perusahaan menyediakan 'tempat untuk salah', dalam kata lain memberi kepercayaan kepada lulusan yang baru berkecimpung ke dalam dunia kerja untuk belajar di perusahaannya. Kepercayaan itulah, kata Tris, yang sangat penting untuk didapatkan.

"Karena ketika diberi kepercayaan, kita jadi ngerasa oh iya kita bisa. Salah itu nggak apa-apa, yang penting kita nggak salah dua kali dalam hal yang sama," tambahnya.

Tris mengatakan, ketika seorang fresh graduate mendapat kepercayaan menangani berbagai pekerjaan dari atasan, didukung pula dengan lingkungan kerja yang supportif, maka kemampuan seseorang akan meningkat seiring berjalannya waktu. Dengan kemampuan yang semakin mumpuni itu, pendapatan bulanan pun akan ikut meningkat ke depannya, baik itu kenaikan jabatan ataupun kenaikan gaji.

"Percaya sama aku, degan kompetensi yang nantinya semakin besar nanti, gaji pun akan ikut," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)