Mengenal Sindrom Ramsay Hunt yang Membuat Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh

Sabtu, 11 Juni 2022 - 11:08 WIB
loading...
Mengenal Sindrom Ramsay Hunt yang Membuat Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh
Justin Bieber didiagnosa mengidap sindrom ramsay hunt. Penyakit tersebut membuat separuh wajah Bieber lumpuh, tidak bisa bergerak. Termasuk satu matanya. Foto/Paw6
A A A
JAKARTA - Justin Bieber didiagnosa mengidap sindrom ramsay hunt. Penyakit tersebut membuat separuh wajah Bieber lumpuh , tidak bisa bergerak. Termasuk satu matanya tidak bisa berkedip, hidung dan mulutnya tidak bisa digerakan.

Melalui video yang diunggah di Instagram, Bieber meminta penggemarnya untuk memaklumi jika beberapa konser yang sudah dijadwalkan terpaksa batal. Suami supermodel Hailey Baldwin itu pun berharap para penggemar mendoakan kesembuhannya.

"Ini cukup serius, seperti Anda semua bisa lihat. Saya berharap ini tidak terjadi, tapi faktanya tubuh saya memberi tahu kalau saya mengalami kondisi ini," kata Justin.

"Saya harap kalian mengerti dan saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat sehingga saya bisa kembali ke kondisi semula 100 persen, sehingga saya bisa melakukan apa yang saya lakukan sejak lahir," sambungnya.

Baca Juga: Tiket Konser Tambahan Justin Bieber di Jakarta Langsung Ludes Terjual

Menurut laporan Mayo Clinic, ramsay hunt atau herpes zoster oticus terjadi ketika herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, ramsay hunt dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terinfeksi.

"Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air," jelas laporan kesehatan tersebut dilansir Sabtu (11/6/2022).

Ada dua gejala utama ramsay hunt, yaitu ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar salah satu telinga. Selain itu, kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi yang sama dengan telinga yang terpapar virus.

Biasanya ruam dan kelumpuhan wajah terjadi di waktu yang bersamaan. Pada kasus yang lebih jarang, kemunculan dua gejalanya tidak bareng atau bahkan tidak muncul ruam sama sekali.

Baca Juga: Tiket Konser Justin Bieber di Jakarta Habis, Jadwal Tambahan Resmi Diumumkan

Ketika seseorang mengalami ramsay hunt, beberapa masalah kesehatan lain biasanya timbul. Di antaranya sakit telinga, gangguan pendengaran, telinga berdenging, kesulitan menutup satu mata, vertigo, perubahan persepsi rasa atau bahkan hilangnya rasa, mulut dan mata kering.

Sindrom Ramsay Hunt terjadi pada orang yang pernah menderita cacar air. Setelah seseorang sembuh dari cacar air, virus ternyata bertahan di tubuh dan hidup di saraf yang menyebabkan herpes zoster.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1474 seconds (11.252#12.26)