3 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Enak

Sabtu, 11 Juni 2022 - 16:00 WIB
loading...
3 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Enak
Makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh dan enak sangat beragam. Makanan ini bisa Anda konsumsi secara rutin bersama obat penurun kolesterol. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh dan enak sangat beragam. Makanan ini bisa Anda konsumsi secara rutin bersama obat penurun kolesterol dan perubahan gaya hidup sehat.

Makanan yang berbeda menurunkan kolesterol dengan berbagai cara. Beberapa memberikan serat larut, yang mengikat kolesterol dan prekursor dalam sistem pencernaan dan menyeret keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi.

Beberapa makanan memberi Anda lemak tak jenuh ganda, yang secara langsung menurunkan kolesterol jahat. Sedangkan yang lainnya mengandung sterol dan stanol, yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan masalah kesehatan serius seperti stroke hingga penyakit jantung.

Berikut daftar makanan penurun kolesterol tinggi dilansir dari Health Harvard, Sabtu (11/6/2022).


1. Oatmeal

3 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Enak

Foto/Getty Images

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat untuk sarapan. Makanan ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.

Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Kedelai
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2805 seconds (0.1#10.140)