4 Minuman Penurun Kolesterol, Nomor 3 Jus Buah Favorit

Minggu, 12 Juni 2022 - 19:09 WIB
loading...
4 Minuman Penurun Kolesterol, Nomor 3 Jus Buah Favorit
Minuman penurun kolesterol banyak jenisnya. Namun yang dianggap ampuh hanya beberapa saja, diantaranya teh hijau hingga susu kedelai. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Minuman penurun kolesterol banyak jenisnya. Namun yang dianggap ampuh hanya beberapa saja, diantaranya teh hijau hingga susu kedelai.

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh, yang terbagi dua yaitu lemak jahat (LDL) dan lemak baik (HDL).

Lemak jahat juga bisa ditemukan dalam makanan, maka dibutuhkan minuman yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Banyak cara untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan mengonsumsi obat hingga berbahan alami. Ternyata ada minuman penurun kolesterol yang sehat dan enak, telah dirangkum dari berbagai sumber.



1. Teh Hijau
Salah satu minuman terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, hal tersebut diungkap boleh berbagai studi.

Salah satunya, dari website Harvard bahwa Meta-analisis 2011 dari 14 uji klinis, acak terkontrol plasebo menemukan bahwa teh hijau secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida LDL (Low-density lipoprotein/kolesterol jahat).

Sebuah penelitian terhadap 40.530 orang dewasa Jepang menemukan bahwa peserta yang minum lebih dari lima cangkir teh hijau sehari memiliki risiko kematian 26% lebih rendah, akibat serangan jantung atau stroke dan risiko kematian 16% lebih rendah.

2. Jus Delima
Minuman asal buah satu ini, juga disarankan karena mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di arteri (pembuluh darah).

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Brent Bauer, MD, konsultan di Departemen Penyakit Dalam dan direktur Program Pengobatan Pelengkap dan Integratif Departemen Penyakit Dalam di Mayo Clinic.

Menurutnya jus delima mengandung antioksidan, terutama polifenol. Jus delima mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada banyak jus buah lainnya, dan mengandung antioksidan hampir tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah.

3. Jus Alpukat
Minuman yang juga cocok bagi mereka yang melakukan diet, sebab alpukat adalah buah favorit yang mampu menurunkan kolesterol.

Daging krim kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kolesterol LDL ketika ditukar dengan lemak jenuh.

Tetapi senyawa lain dalam alpukat, seperti serat dan sterol, juga dapat berkontribusi pada manfaat kesehatan tubuh.

4 . Susu Kedelai
Bukan hanya dijadikan minuman, makanan yang mengandung kedelai pun juga bermanfaat bagi kesehatan. Sebab mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dengan rutin mengonsumsi 1/2 gelas susu kedelai setiap hari, kolesterol LDL dalam darah dapat turun hingga 5-6 persen.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)