5 Gejala Darah Tinggi yang Sering Tidak Disadari, Waspada!

Senin, 13 Juni 2022 - 19:19 WIB
loading...
5 Gejala Darah Tinggi yang Sering Tidak Disadari, Waspada!
Pasien yang mengalami tekanan darah tinggi sering tanpa keluhan, sehingga mereka tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi. Foto Ilustrasi/AsiaVision/Getty Images
A A A
JAKARTA - Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang diam-diam mematikan atau istilahnya ‘the silent killer’. Sebab, jika tidak ditangani, tekanan darah tinggi ini bisa berkembang menjadi penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, gangguan penglihatan, stroke, hingga serangan jantung yang dapat berujung kematian.

Disebut ‘the silent killer’ juga karena pasien yang mengalami tekanan darah tinggi sering tanpa keluhan, sehingga mereka tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi. Dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013 dan studi di Puskesmas diketahui bahwa hanya sepertiga penderita hipertensi atau 36,8 persen yang terdiagnosisi oleh tenaga kesehatan dan hanya 0,7 persen yang minum obat.

Karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala tekanan darah tinggi. Bila mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut, tidak ada salahnya segera melakukan medical check up.

Baca Juga: 7 Rempah Pilihan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Lantas, apa saja gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering tak disadari? Berikut informasi lengkapnya, seperti dirangkum pada Senin (13/6/2022).

1. Sakit Kepala

Gejala darah tinggi yang mungkin muncul dan jarang disadari adalah sakit kepala. Penderita hipertensi, terutama jika tekanan darahnya sangat tinggi, dapat mengalami peningkatan tekanan yang mendorong arteri di dalam otak, sehingga ini menyebabkan sakit kepala atau bahkan sensasi berdebar di bagian telinga.

2. Penglihatan Buram

Penglihatan kabur atau perubahan penglihatan juga bisa menjadi gejala hipertensi. Mengapa? Sebab, di belakang mata terdapat banyak pembuluh darah kecil. Lalu ketika mengalami tekanan darah tinggi, pembuluh darah tersebut dapat rusak atau terganggu dan Anda bisa mengalami sesuatu yang disebut retinopati hipertensi.

3. Merasa Kelelahan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1080 seconds (10.101#12.26)