Orang Botak Bukan Berarti Tak Harus Keramas, Ini Alasannya

Senin, 13 Juni 2022 - 17:22 WIB
loading...
Orang Botak Bukan Berarti Tak Harus Keramas, Ini Alasannya
Pria botak ternyata harus tetap keramas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak yang beranggapan bahwa orang botak tidak perlu lagi melakukan keramas. Padahal, anggapan tersebut ternyata salah besar.Tak punya rambut alias botak bukan berarti Anda tak perlu keramas. Sama seperti orang-orang yang memiliki rambut di kepala, orang botak juga harus keramas secara rutin dan teratur.

Faktanya, kepala botak tetap bisa dihinggapi oleh berbagai masalah kesehatan. Kulit kepala Anda yang ‘telanjang’ itu sebenarnya lebih rentan terhadap alergi, jerawat, atau terbakar sinar matahari.

Itulah sebabnya, mencuci kepala secara rutin tetap penting dilakukan oleh pemilik kepala botak.

Manfaat Keramas bagi Orang Botak

Dengan memiliki kepala botak memang ada beberapa keuntungan, seperti tidak lagi stres karena rambut rontok, hemat waktu, dan juga hemat uang dalam perawatannya. Tapi bukan berarti Anda membiarkan kepala Anda tidak terurus.

Perawatan kepala botak tetap ada dan harus dijalani untuk menghindari munculnya masalah kesehatan.Perlu Anda ketahui bahwa kulit kepala tetap memproduksi minyak meskipun seseorang botak. Nah, minyak dan kotoran ini akan lebih mudah menumpuk pada kepala yang botak.

Jika tidak dikeramas dengan baik dan teratur, maka akan membuat kulit kepala Anda jadi muncul ketombe, iritasi, atau infeksi.
Jerawat juga dapat muncul apabila pori-pori pada kulit kepala tidak dibersihkan dengan baik, sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Belum lagi dengan timbulnya kulit kering. Ya, tidak hanya di muka, kulit kering juga bisa muncul pada kepala yang botak. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya perlindungan terhadap paparan sinar matahari langsung.

Selain itu, meskipun tidak ada rambut karena dicukur pada permukaan kulit kepala, namun akar rambut tetap ada di dalam lapisan tersebut.Karena itulah, keramas bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan akar rambut di dalamnya.

Baca Juga: Berbagai Penyebab Rambut Rontok pada Remaja
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)