Penderita Asam Urat Haruskah Pantang Makanan Sayuran Hijau? Ini Penjelasannya!

Senin, 13 Juni 2022 - 17:53 WIB
loading...
A A A
Pilihan Sayuran Hijau untuk Penderita Asam Urat

Meski mengalami penyakit asam urat, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati sayuran hijau.Secara umum, sayuran yang cukup aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat adalah kol merah, paprika, wortel, kale, mentimun, selada, dan kentang.

Anda pun mesti mengimbangi asupan tersebut dengan berolahraga secara rutin, minum air putih dalam jumlah memadai, dan beristirahat yang cukup.Usahakan pula untuk membatasi atau menghindari makanan yang mengandung tinggi purin, seperti jeroan, seafood, daging merah, alkohol, dan bir.

Di samping itu, Anda pun sebaiknya menghindari asupan mengandung fruktosa dan tinggi gula, seperti soft drink.Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal, jenis asupan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan asam urat meski tidak mengandung purin.

Sayuran hijau tidak masalah untuk dikonsumsi oleh orang dengan asam urat. Namun, memang, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dibatasi.Selain pantangan makanan, penderita asam urat juga harus menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindari kekambuhan penyakitnya.

Jangan lupa juga untuk berobat ke dokter secara berkala untuk memantau kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika terdapat keluhan kesehatan, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter secara daring melalui Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

Penulis: dr. Alvin Nursalim

Baca Juga: Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)