Sandiaga Uno Optimis Indonesia Akan Kembali Dibanjiri Wisman

Selasa, 14 Juni 2022 - 09:31 WIB
loading...
Sandiaga Uno Optimis Indonesia Akan Kembali Dibanjiri Wisman
Sandiaga Uno saat menghadiri Vespa World Days 2022 di Bali. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, bahwa pihaknya optimistis Indonesia akan terus dibanjiri wisatawan mancanegara (wisman) dan akan mencapai puncaknya diperkirakan pada Juli - Agustus 2022.

Akan tetapi, kata dia, hal tersebut tergantung dengan situasi pandemi di Indonesia. Apalagi varian omicron BA.4 dan BA.5 sedang diwaspadai. Dan juga jumlah penerbangan internasional yang masuk ke Indonesia, khsusnya Bali.

Sandiaga melihat, saat ini frekuensi penerbangan internasional dan pembukaan kembali rute perjalanan ke Indonesia sudah meningkat lagi, dibandingkan tahun sebelumnya. Akan tetapi, angka yang diharapkan belum sepenuhnya normal.

"Dibandingkan 2019, kunjungan wisatawan per harinya mencapai 20 ribu. Sekarang baru sekitar 30 persen, dengan total 6.000 wisman," katanya dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (13/06/22).



Sandiaga mengungkapkan, jika ingin angkanya naik maka ia memperkirakan dibutuhkan dua kali lipat armada yang sudah diutilisasi hari ini. Sandiaga menyebutkan, terdapat 350 dari total 550 pesawat yang bisa beroperasi di Indonesia.

Ia menambahkan, saat ini pihak maskapai telah melakukan revitalisasi, sekitar 350 pesawat dari 550 pesawat yang sudah beroperasi. Kemudian menurutnya hal ini perlu disikapi, karena banyak yang mengalami maintenance.

Oleh karena itu Kemenparekraf mengintensifkan koordinasi dengan berbagai pihak, terkait untuk menambah frekuensi dan rute penerbangan internasional ke Indonesia, khususnya Bali.

Terdapat sejumlah pihak yang terlibat antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan pihak maskapai penerbangan, baik internasional maupun nasional.

Meskipun banyak kendala, Sandiaga berharap pemulihan Parekraf akan semakin terlihat, yakni seiring pengendalian pandemi serta adanya pelonggaran kebijakan.

Kemudian salah satu kabar gembira bagi wisata Indonesia adalah, pada April 2022 lalu kunjungan wisman melalui pintu masuk utama mencapai 11 ribu orang lebih. Hal tersebut diperkirakan naik lima kali lipat, atau sekitar 499 persen.

"Bila dibandingkan bulan sebelumnya, mont of month, jumlah kunjungan pada periode April meningkat 172 persen," terangnya.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)