Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis, Ini Penjelasannya

Minggu, 19 Juni 2022 - 19:04 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis, Ini Penjelasannya
Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis ternyata sangat mudah. Buah yang umumnya digunakan sebagai pelengkap bahan masakan ini diklaim mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis ternyata sangat mudah. Buah yang umumnya digunakan sebagai pelengkap bahan masakan ini diklaim mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Hal itu juga dikenal untuk buah lemon, di mana keduanya sama-sama memiliki kandungan vitamin C. Melansir dari Web MD buah jeruk nipis bisa digunakan untuk kesehatan tanpa menggunakan gula.

Dijelaskan dalam laman tersebut bahwa jeruk nipis maupun lemon memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, asam fenolik, minyak esensial, dan kumarin semuanya berlimpah.

Mereka adalah bagian dari tim zat superhero yang disebut antioksidan, mampu melawan radikal bebas dan masalah kesehatan lainnya.



Salah satu resep salad yang bisa dibuat sebagai menu sehat, dengan menu kacang untuk makan siang dan juga salad Tex-Mex dengan kacang pinto, tomat, alpukat, jagung, jeruk nipis, dan salsa.

Selain itu, juga ada penelitian terbaru, jus lemon atau nipis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat ini sebagian besar disebabkan oleh tingginya tingkat flavonoid dan vitamin C yang ditemukan dalam jus.

Sekadar informasi, kadar kolesterol total yang dianjurkan adalah di bawah 250 mg/dL sedangkan untuk kolesterol LDL sebaiknya di bawah 130 mg/dL dan akan lebih optimal bila dapat mencapai di bawah 100 mg/dL. Untuk kolesterol HDL, bagi wanita sebaiknya di atas 50 mg/dL.

Perlu diketahui kolesterol HDL ini, semakin tinggi semakin baik. Satu buah jeruk nipis atau lemon menyediakan 30.7 mg vitamin C, kurang lebih 50% asupan harian.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)